Kami optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan terus menunjukkan dan mempertahankan laju pertumbuhan tinggi di masa depan
Jakarta (ANTARA News) - Mari Elka Pangestu berpamitan kepada mitra-mitra kerjanya dan puluhan wartawan yang biasa meliput kegiatannya menjelang purnatugas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat yang telah mendukung dan mengkritisi kebijakan untuk terselenggaranya program dan kegiatan Kemenparekraf," kata Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin.

Pada kesempatan itu selain wartawan dari berbagai media, hadir pula para pemangku kepentingan bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selama tiga tahun terakhir menjadi Menparekraf, Mari Elka Pangestu menyatakan telah banyak capaian-capaian pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf juga menyampaikan optimismenya mengenai peran sektor ekonomi kreatif yang makin strategis dalam perekonomian mendatang.

"Kami optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan terus menunjukkan dan mempertahankan laju pertumbuhan tinggi di masa depan sehingga menjadi kekuatan baru bagi Indonesia," katanya.

Ia memantau selama tiga tahun terakhir kunjungan wisatawan mancanegara meningkat terus dan sektor ekonomi kreatif berkembang sejalan dengan dinamika para orang kreatif untuk menciptakan nilai tambah.

"Pada saat ekonomi dunia tidak pasti dan ekspor barang kita melemah karena harga dan permintaan komoditas turun, kedua sektor ini resilien dan bahkan memberi kontribusi ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan dan menghasilkan devisa," katanya.

Menurut Menparekraf, dasar yang kuat akan menjadi basis untuk membangun pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014