Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan farmasi PT Merk Sharp & Dohme (MSD) Indonesia memenuhi tuntutan warga Dusun Kalitengah Desa Karangjati Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur yang menuntut penyerapan tenaga kerja lokal dan bak penampung air.

"Kami memahami adanya kebutuhan yang mendesak dari masyarakat sekitar akan air bersih pada musim kemarau. Untuk itu, MSD setuju untuk memberikan bantuan pembuatan bak penampungan utama dan hal
ini juga disepakati bersama oleh Kepala Desa dan perwakilan warga," ujar Direktur Pabrik MSD Novian di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya pada Senin (29/9), ratusan warga melakukan unjuk rasa di depan pabrik MSD. Mereka menuntut kompensasi air bersih dan penyerapan tenaga kerja kepada perusahaan farmasi itu.

Novian menjelaskan perusahaan sebelumnya telah memberikan donasi untuk pembangunan sumur air tanah senilai Rp115 juta yang pembangunannya sudah diselesaikan pada Juni 2014 lalu.

Pembuatan sumur air tanah untuk memberikan suplai air bersih untuk penduduk sekitar tersebut melebihi dari persyaratan terkait penerbitan izin SIPA, yakni harus memberikan air bersih kepada penduduk minimal 10 persen dari debit air.

"Hal itu merupakan bentuk kontribusi MSD dalam menanggapi kebutuhan masyarakat sekitar," katanya.

Pihaknya juga memberikan peluang yang adil terhadap semua kandidat tanpa adanya diskriminasi di tiap level organisasi.

"Sampai saat ini MSD telah merekrut 35 tenaga kerja dari Desa Karangjati dan 15 orang diantaranya adalah penduduk Dusun Kalitengah." katanya.

Kepala Dusun Kalitengah, Sukarwati menyatakan, MSD dan masyarakat telah mencapai kesepakatan positif untuk bantuan pembangunan bak penampung air bersih.

"Kami bersyukur karena selama ini perusahaan sangat kooperatif terhadap warga," kata Sukarwati.

Manajer Komunikasi MSD, Diah Ira Setyawati, mengatakan pembuatan tanki penampung air tersebut diperkirakan menelan dana sekitar Rp 164 juta.

MSD sebelumnya juga memberikan bantuan untuk kegiatan sosial lainnya, seperti pemberdayaan karang taruna dan juga prasarana bagi lingkungan sekitarnya.

"Kami berusaha menjadi warga masyarakat yang baik dengan berbagai kegiatan-kegiatan sosial," kata Diah.

Sementara di tingkat global dan nasional, MSD memiliki program MSD for Mothers yang ditujukan untuk mengurangi angka kematian ibu, dan penyediaan situs UNIVADIS bagi profesi layanan kesehatan.

(I025/S023)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014