Chairul Tanjung akan kembali fokus sebagai pengusaha

Chairul Tanjung akan kembali fokus sebagai pengusaha

Menko Perekonomian Chairul Tanjung (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Saya akan kembali ke dunia saya
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan dirinya akan kembali fokus menangani bisnis dan menjalani rutinitas sebagai pengusaha setelah tidak lagi menjadi pejabat negara.

"Saya sudah menyampaikan sejak awal bahwa saya akan kembali ke dunia saya karena saya punya tanggung jawab yang harus diselesaikan," katanya saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Meskipun tidak lagi menduduki jabatan di pemerintahan, Chairul mengatakan dirinya siap untuk memberikan bantuan apabila negara membutuhkan kontribusi dan pengalamannya sebagai pengusaha nasional.

"Saya tetap akan membantu pemerintahan, dalam artian, di mana pun posisi saya berada," kata pengusaha nasional pemilik kelompok perusahaan CT Corp ini.

Mengenai pengganti dirinya, Chairul enggan menyebut nama tertentu karena hal tersebut merupakan hak prerogatif dari presiden. Namun, dia mengharapkan figur yang terpilih memiliki kompetensi sebagai Menko Perekonomian.

"Kita berharap posisi khusus di perekonomian itu diisi oleh orang yang kompeten. Kalau dia tidak mempunyai kemampuan untuk menjalankan tugas dan fungsinya, tidak mengerti apa tugasnya, kan susah, mau dibawa ke mana nantinya," katanya.

Selain itu, menurut Chairul, sosok Menko Perekonomian yang baru harus memiliki sifat kepempimpinan yang kuat dan kemampuan manajerial yang baik, serta tidak memiliki konflik kepentingan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Kalau figurnya tidak punya leadership yang kuat, bagaimana nantinya? Berikutnya orangnya tidak punya conflict of interest karena kalau dia memiliki ini, pasti orang ini tidak akan mampu menjalankan tugas dan fungsinya," ujarnya.

Chairul Tanjung resmi menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak 19 Mei 2014 menggantikan Hatta Rajasa yang maju dalam pemilihan presiden sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Menko Airlangga jelaskan manfaat presidensi G20 bagi Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar