Masa ada acara resmi aku nganggo katok (pakai celana) jins? Diguyu pitik no (ditertawakan ayam dong)"
Jakarta (ANTARA News) - Istri presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menyesuaikan diri dengan statusnya sebagai Ibu Negara, terutama dalam hal berbusana.

"Saya tidak akan berubah. Ora ono (tidak ada) perubahan. Paling sekarang harus menyesuaikan acara. Masa ada acara resmi aku nganggo katok (pakai celana) jins? Diguyu pitik no (ditertawakan ayam dong)," kata Iriana di rumah dinas gubernur DKI Jakarta di Jalan Taman Surapati nomor 7, Menteng Jakarta Pusat.

Iriana Widodo terkenal memiliki gaya berbusana casual dengan kaus dan celana jins. Selama Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, Iriana beberapa kali terlihat mengenakan celana jins saat mengunjungi suaminya di Balaikota atau dalam kesempatan santai lain.

Menjadi first lady, Iriana mengaku tak akan banyak merubah penampilan. Saat ditanya apakah dia menggunakan jasa konsultan gaya busana, Iriana mengelak.

"Enggak mikir sampai ke sana. Yang penting saya pakai pakaian yang nyaman. Nanti kalau pakai (fashion stylish), saya malah bingung mikirinya fashion terus. Gaweane ora dipikirke (pekerjaannya tidak dipikirkan)," kata Iriana.

Meski cenderung bergaya santai dan tidak terlalu memikirkan mode, Iriana mengatakan senantiasa memerhatikan masukan akan gaya berbusananya.

"Kalau saran banyak sekali yang memberi. Kalau yang pas ya saya mau (dengar), kalau enggak ya enggak. Saya tidak punya disainer khusus. Kalau beli pas di badan ya saya beli. Kalo enggak pas ya saya enggak saya. Kalau kegedean, tak cilikke (kalau kebesaran saya kecilkan)," katanya.

Setelah dilantik, Iriana paham suaminya akan banyak menghadiri acara kenegaraan baik di dalam maupun di luar negeri sehingga dia akan berusaha tampil sebaiknya.

"Ya pasti ada persiapan. Saya harus menyesuaikan pakaian yang ada di sana juga. Saya kan dari Indonesia, berarti saya harus pakai pakaian tradisional Indonesia, kebaya," katanya.

Iriana juga mengaku tidak pernah salah kostum selama mendampingi Jokowi.

"Alhamdulilah saya nggak pernah salah kostum. Kalau ada acara, saya biasanya tanya dulu acaranya apa. Kalau ke lapangan, ya pakai baju lapangan."

"Acara resmi, ya pakai kain. Gitu aja. Kain kan ada kain Jawa. Kalau kain yang saya pakai ini kan kain sampe. Insyaallah jangan sampai salah kostum," katanya.

Sebagai istri presiden terpilih, Iriana mengatakan dirinya akan selalu menyesuaikan diri dengan suaminya termasuk dalam berbusana.

"Kalau Pak Joko sederhana ya memang sederhana. Saya menyesuaikan Pak Joko," katanya.



Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014