Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono dengan Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla memasuki ruang acara pelantikan, yaitu di Ruang Rapat Paripurna I MPR/DPR di Senayan, Jakarta, Senin, secara bersamaan.

Keempat tokoh negara itu datang secara bersama di depan ruang pelantikan sekitar pukul 10:00 WIB dan melambaikan tangan kepada sekumpulan wartawan yang sudah menunggu di depan ruangan.

Sebelumnya, Prabowo Subianto tiba di Ruang Rapat Paripurna I bersama dengan Hatta Rajasa dan Abu Rizal Bakrie, untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI ketujuh.

Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa merupakan capres-cawapres nomor urut satu pada Pemilu Presiden 2014 lalu.

Prabowo-Hatta kalah dengan perolehan 46.85 persen atau 62.576.444 suara, sedangkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Jusuf Kalla memperoleh 70.997.833 suara atau 53,15 persen dari total 133.574.277 suara.

Kehadiran Prabowo Subianto pada acara pelantikan Presiden RI ketujuh itu diawali dengan kunjungan Jokowi ke kediamannya pekan lalu.

Acara pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo itu dihadiri beberapa pemimpin dan pejabat dari negara sahabat, antara lain Kepala Negara Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Papua Nugini Michael Ogjio, Perdana Manteri Malaysia Najib Tun Abdul Razak, Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014