Diperkirakan hujan akan terjadi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat pada pertengahan November 2014
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, memprakirakan bahwa wilayah Jakarta Selatan berpeluang hujan ringan hingga sedang disertai angin cukup kencang, berlaku selama 24 jam mulai pukul 07.00 WIB, Rabu.

"Hari ini, hujan hanya berpeluang terjadi di wilayah Jakarta Selatan, sementara Jakarta Utara, Timur dan Barat diperkirakan cerah hingga berawan," kata Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Jakarta, Achmad Zakir di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, Jakarta Selatan diperkirakan hujan ringan hingga lebat karena di kawasan itu merupakan wilayah perbukitan, banyak perpohonan sehingga pembentukan awan basah lebih tinggi dibanding wilayah lainnya.

Sebaliknya, wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat masih cerah hingga berawan karena kondisi wilayah yang dipadati gedung, pepohonan yang kurang, pemanasan aspal sehingga pembentukan awan basah kurang.

"Diperkirakan hujan akan terjadi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat pada pertengahan November 2014, sehingga warga diharapkan untuk menghemat penggunaan air bersih," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diimbau warga di Jakarta Selatan untuk mewaspadai banjir dan angin kencang yang dapat merobohkan pohon di sepanjang jalan protokol dan lainnya.

"Mudah-mudahan hujan ini tidak menimbulkan banjir yang merugikan masyarakat secara materi, sosial dan kesehatan, namun demikian diharapkan warga tetap waspada," ujarnya.

Menurut dia, peluang hujan di wilayah Jakarta tidak merata karena kondisi letak wilayah yang berbeda, misalnya Jakarta Selatan berada di daerah perbukitan, semetara wilayah lainnya merupakan dataran yang bersebelahan dengan laut atau pantai.

"Suhu udara di wilayah yang tidak berpontensi hujan ini, tidak terlalu panas atau berkurang dibanding suhu udara sebelumnya yang cukup tinggi," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014