Jika ditanya kapan itu, ya saya jawab secepatnya. Secepatnya kapan, yang segera,"
Bogor (ANTARA News) - Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan, dalam waktu dekat akan mengeluarkan surat edaran terkait gerakan penghematan untuk seluruh kantor pemerintah, baik di daerah maupun pusat.

"Jika ditanya kapan itu, ya saya jawab secepatnya. Secepatnya kapan, yang segera," kata Yuddy dalam kunjungannya ke rumah dinas Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam.

Yuddy mengatakan, gerekan penghematan tersebut merupakan salah satu dari Revolusi Mental yang dicanangkan oleh pemerintahan saat ini.

Dia menjelaskan, salah satu bentuk penghematan yang dilakukan seperti menghemat penggunaan listrik, air dan alat kelengkapan negara lainnya.

"Jadi nanti setiap kantor dinas di seluruh pemerintah daerah harus menghemat penggunaan listrik, air, jangan lagi ada listrik yang menyala saat tidak ada jam kantor," kata Yuddy.

Selain itu, lanjut Yuddy, bagian lainnya dari gerakan penghematan adalah pemerintah daerah tidak boleh lagi menyajikan makanan-makanan impor dalam setiap kegiatannya.

"Misalnya anggur, apel, pear, atau jeruk Taiwan, jangan ada lagi dalam setiap penyajian di pemerintahan. Usahakan makanan yang disajikan yang sehat, seperti di Menpan-RB sudah kita mulai, setiap rapat hidangannya kacang rebus, singkong dan pisang ulum," kata Menpan.

Gerakan penghematan ini, lanjut Menpan, termasuk pengadaan untuk televisi, mobil dinas atau perlengkapan lainnya.

"Misalnya televisi kalau bagus walau sudah kuno tidak usah diganti dengan yang baru, begitu juga dengan rumah dinas kepada daerah tidak harus ada perlengkapan baru, yang penting bersih. Mobil dinas juga jangan diganti, pakai yang sudah ada, rusak diservice," kata Menpan.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyatakan secara bertahap akan menerapkan apa yang diinstruksikan oleh Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Sebenarnya kita sudah memulai, dalam evaluasi rapat anggaran 2015 di DPRD, saya sudah meminta penghematan anggaran untuk belanja rumah tangga, termasuk anggaran dinas wali kota, kita kurangnya 50 persen untuk belanja rumah tangga mulai dari seragam pegawai, perawatan rumah dinas. Kalau untuk perjalanan dinas wali kota saya minta 25 persen saja dikurangi," kata Bima.
(KR-LR/F003)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014