Inggris (ANTARA News) - Gol semata wayang Sergio Aguero untuk Manchester City pada menit 63 sudah cukup untuk mengalahkan Manchester United dalam derbi Manchester di Etihad Stadium, Minggu malam ini.

Pada derbi ini, Manuel Pellegrini  membuat empat perubahan ketika dikalahkan West Ham 1-2, Sabtu pekan lalu. Aleksandar Kolarov, Martin Demichelis, James Milner and Stevan Jovetic masuk menggantikan Gael Clichy, Eliaquim Mangala, David Silva and Edin Dzeko.

Sementara Louis van Gaal hanya membuat dua perubahan dari tim yang menghasilkan seri 1-1 di kandang melawan Chelsea, Minggu, (26/10).

Antonio Valencia masuk menggantikan Rafael di bek kanan, dan Wayne Rooney kembali dari larangan bermain memaksa Mata untuk keluar.

Menit dua Demichelis menjatuhkan Van Persie dan membuat Untited dihadiahi tendangan bebas dari jarak 30 yard.

Angel Di Maria melepaskan tendangan voli ke dalam kotak penalti dan disundul Marcos Rojo, tetapi posisi pemain Argentina itu sudah lebih dulu terperangkap offside.

Manchester City ganti meyerang lewat James Milner yang mengirimkan umpan kepada Sergio Aguero yang langsung menusuk sisi kiri dari area penalti United.

Aguero mengalahkan Valencia sebelum melepaskan tendangan dari sudut sempit, tetapi ditinju David De Gea.

Pada menit 31 Chris Smalling diganjar kartu kuning. Berawal dari tendangan bebas di kotak penalti City di mana bola menyentuh paha Fernando dan memantul ke tangan joe Hart. Kiper City itu mencoba melepaskan bola, tetapi diblok oleh Smalling. Kartu kuning tak terhindarkan oleh pemain Inggris itu.

Delapan menit kemudian Smalling mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Milner. Wasit Michael Oliver yang melihat kejadian itu mengusir Smalling keluar lapangan.

Menjelang turun minum City meminta wasit penalti. Awalnya Stevan Jovetic memberikan umpan ke kaki Yaya Toure. Toure yang hendak menendang di kotak penalti dijatuhi Rojo.

City mendapat kesempatan menit 51.  Toure mengumpani Navas yang kemudian mengirimkan umpan silang di kotak penalti, tetapi dibersihkan Rojo. Bola itu kemudian jatuh ke kaki Pablo Zabaleta, tetapi tendangannya melebar.

Delapan menit kemudian City meminta penalti karena Aguero yang tengah menggiring bola di kotak penalti dilanggar Michael Carrick, tetapi wasit tak memberikannya.

Namun City tetap gencar menyerang. Aguero membuat suporter tuan rumah bergemuruh pada menit 63.

Berawal dari bola panjang yang dikirimkan Toure ke Clichy, pemain Perancis itu mengirimkan umpan ke Aguero yang berada di depan gawang. Bola tendangan Aguero itu tak bisa dihentikan De Gea.

United tak mau kalah, pada menit 78 Rooney menggiring bola dari tengah, melewati pemain belakang City.

Rooney sempat melepaskan bola tetapi diblok pemain City.  Bola yang lepas kemudian diambil Valencia yang mengumpani Angel Di Maria yang tak terkawal. Namun, tendangan Di Maria melebar.

Satu menit kemudian Marouane Fellaini hampir menyamakan kedudukan City lewat sundulannya, tetapi bola terlalu tinggi.

Lima menit tambahan waktu tak cukup untuk United menyamakan keunggulan City.

Menurut stastik goal.com City menguasai 52 persen pertandingan, sementara MU 48 persen.

Susunan pemain:
Manchester City:
Joe Hart, Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Gaël Clichy, Martín Demichelis, Fernando, James Milner (Samir Nasri), Jesús Navas, Yaya Touré. Sergio Agüero, Stevan Jovetic (Edin Dzeko)

Manchester United: David De Gea, Luke Shaw, Marcos Rojo (Patrick McNair), Chris Smalling (kartu merah), Antonio Valencia, Ángel Di María, Adnan Januzaj (Michael Carrick), Daley Blind, Marouane Fellaini, Wayne Rooney, Robin van Persie (James Wilson)




Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014