Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier bersama Menlu Indonesia Retno Lestari Marsudi telah mendiskusikan sejumlah kerja sama bilateral diantaranya sektor politik, maritim, investasi dan perdagangan.

"Tadi kami membicarakan hubungan bilateral antara Jerman dan Indonesia dan akan melanjutkan melalui pembahasan penguatan hubungan bilateral," kata Menteri Steinmeier dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Senin.

Steinmeier mengatakan mengatakan Jerman dan Indonesia juga membahas tentang potensi dan solusi kerja sama di bidang yang masih belum dijalankan oleh kedua negara.

Menlu Jerman membawa rombongan delegasi yang terdiri dari delegasi anggota parlemen, delegasi ekonomi, dan delegasi di sektor kebudayaan.

"Kami disini tidak hanya sebagai delegasi politik. Tadi saya sebutkan kami didampingi oleh banyak anggota parlemen Jerman yang menunjukan bahwa kami tidak hanya mau memperdalam hubungan bilateral dalam bidang politik tetapi juga di parlemen," kata Steinmeier.

Untuk mendalami bidang kerja sama maritim, Menlu Jerman telah melakukan kunjungan ke Pelabuhan Sunda Kelapa dan Tanjung Priok guna melihat infrastruktur kelautan yang dimiliki Indonesia.

"Kami mencoba mendapatkan gambaran bagaimana strategi maritim yang Bapak Presiden bangun dan akan dibantu kami," ujar Steinmeier.

Dalam bidang investasi dan perdagangan, delegasi ekonomi Jerman telah bertemu dengan KADIN untuk membahas potensi kerja sama di masa depan.

Selain itu untuk memperkuat kerja sama di bidang kebudayaan, Jerman juga membawa delegasi kebudayaan yang memfokuskan pengembangan peran Goethe Institut sebagai pusat kebudayaan Jerman di Indonesia.

"Salah satu pemain di bidang kebudayaan adalah Goethe Institut untuk pertukaran budaya antara Jerman dan Indonesia. Ini semua ini akan menunjukan kepada bapak ibu bahwa kita konsentrasi di beberapa sektor dan akan memperkuat serta akan dijalankan," kata Steinmeier.

Steinmeier tiba di Indonesia pada Sabtu malam dan akan meninggalkan negara pada Senin malam.

Menlu Steinmeier tiba di Kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia pada sekitar pukul 07.35 WIB dan menyelesaikan pertemuan bersama Menlu Retno pada sekitar pukul 08.45 WIB setelah sebelumnya melakukan jumpa pers bersama.

Selama kunjungannya, Menlu telah mengikuti kegiatan Hari Bebas Kendaraan di Bundaran Hotel Indonesia, mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa dan Tanjung Priok serta melakukan courtesy call dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014