Jakarta (ANTARA News) - Sempat unggul tiga gol, Anderlecht mampu menyamakan kedudukan Arsenal setelah mencetak tiga gol dalam tiga puluh menit dalam lanjutan Grup D Liga Champions, di Emirates Stadium, Rabu, (5/11) dini hari WIB.

Gol Arsenal dicetak oleh Arteta (25'), Sanchez (29'), Oxlade-Chamberlain (58'). Sementara Anderlecht menyamakan kedudukan lewat Borre (61', 73'), Mitrovic (90').

Arsenal hanya membuat satu perubahan pada tim ketika mengalahkan Burnley 3-0 pada Sabtu lalu.

Aaron Ramsey masuk menggantikan Mathieu Flamini bersama Mikel Arteta di tengah. Sementara Wojciech Szczesny menjadi starter di bawah mistar setelah tak bermain ketika menang 2-1 melawan Anderlecht karena larangan bermain.

Anderlecht tampil tanpa gelandang tengah Steven Defour karena cedera. Sacha Klijestan mengambil alih tempatnya dan akan bekerja sama dengan Youri Tielemans di tengah.

Menit 10 Arsenal membangun serangan berbahaya, tetapi berakhir karena Welbeck yang kehilangan bola. Kemudian Anderlecht ganti menyerang balik lewat Praet yang melihat tendangannya dari tepi kotak penalti dibelokkan Mertesacker.

Anderlecht terlihat berbahaya ketika melakukan serangan balik cepat. Kali ini Cyriac hampir masuk ke kotak penalti Arsenal, tetapi kembali dipatahkan Mertesacker.

The Gunners cetak dua gol telat saat bertandang ke Belgia untuk mengamankan kemenangan yang berakhir Anderlecht 1-2 Arsenal di pertemuan sebelumnya, Rabu, (22/10).

Arsenal menyerang lewat Oxlade-Chamberlain dan mengirimkan umpan silang datar yang membuat Ramsey menembak dari jarak dekat, tetapi diblok Mbemba.

Menit 16 Conte memberi umpan ke Cyriac yang kemudian mengirim umpan silang ke Kljestan. Namun, tendangan pemain Amerika itu masih bisa diselamatkan Szczesny.

Arsenal akan lolos ke babak 16 besar untuk 15 tahun beruntun -dengan dua pertandingan tersisa- jika mereka menang dan Galatasaray gagal mengalahkan Dortmund di pertandingan Grup D lain.

Menit 24 Welbeck berkesempatan mencetak gol setelah menerima umpan dari Sanchez. Setelah itu Mbemba menjatuhkan Welbeck di dalam kotak dan membuat wasit menunjuk titik putih.

Arteta yang menjadi eksekutor dengan mudah melesahkan bola ke gawang Proto.

Lima menit kemudian, Sanchez menggandakan keunggulan Arsenal. Pemain Chile itu dijatuhkan oleh Vanden Borre yang menghasilkan tendangan bebas. Tendangannya dari set-piece diblok oleh tembok manusia, tetapi setelah itu tendangan volinya mampu merobek jala Anderlecht.

Anderlecht hanya mengoleksi satu poin setelah kalah dari Arsenal, Rabu, (22/10).

Menit 37 Tielemans mengirim umpan silang berbahaya di kotak penalti dari sudut, bola yang jatuh di kotak penalti Arsenal cepat dibersihkan.

Tertinggal, membuat Hasi melakukan perubahan. Kawaya masuk menggantikan Conte.

Menit 58 Chamberlain membuat Arsenal semakin jauh. Sanchez melewati Kljestan di tengah dan mengumpani Chamberlain sebelum berlari kencang melewati Borre. Chamberlain mengincar pojok kanan gawang.

Namun tiga menit berselang, Borre menciptakan gol pertama Anderlecht setelah menerima umpan dari Kawaya.

Menit 73 Monreal menjatuhkan Mitrovic di kotak penalti dan memberikan Anderlecht kesempatan untuk memperkecil ketinggalan.

Borre sebagai eksekutor tak menyiakan penalti dengan mengincar pojok kanan gawang Szczesny.

Menjelang akhir laga Aleksandar Mitrovic membuat gol penyeimbang untuk Anderlecht setelah menerima umpan dari Najar.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dilansir di uefa.com.

Arsenal: Szczesny, Chambers, Mertesacker, Monreal, Gibbs, Arteta (Flamini), Oxlade-Chamberlain (Rosicky), Ramsey, Alexis, Cazorla, Welbeck (Podolski).

Pelatih: Arsene Wenger

Anderlecht: Proto, Deschacht, Mbemba, Vanden Borre, Praet, Kljestan, Tielemans, Najar, Cyriac (Mitrovic), Acheampong, Conte (Kawaya).

Pelatih: Besnik Hasi

Wasit: Clement Turpin (*)

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014