Jakarta (ANTARA News) - Pemutaran perdana film "Mantan Terindah" karya sutradara Farishad Latjuba dan produser Marcella Zalianty di Djakarta XXI, Rabu malam menghadirkan konser musik yang membawakan lagu-lagu soundtrack secara langsung di hadapan penonton (live scoring).

"Khusus hari ini kami persiapkan sebuah konsep premiere yang berbeda dan mungkin belum pernah dilakukan oleh pelaku industri film Indonesia," kata Marcella Zalianty.

Ia mengatakan pemutaran perdana film "Mantan Terindah" ini menggabungkan tiga unsur yakni film-musik-pertunjukan panggung.

"Ini adalah yang pertama kalinya ada tiga industri sekaligus tampil dalam premiere film. Ada industri film, musik dan pertunjukan," ujarnya.

Konser dan pemutaran perdana film ini diawali dengan penampilan Andien tampil membawakan lagu "Kasih Putih" yang pernah dipopulerkan Glenn Fredly. Lagu ini juga menjadi salah satu soundtrack dalam "Mantan Terindah".

Penyanyi Hedi Yunus, pemeran Iskandar dalam film itu, tampil berikutnya bersama Angela Nazar (pemeran Tania) menyanyikan lagu "Hanya Sebatas Mimpi" ciptaan Yovie Widianto.

Berikutnya, duet dua karakter utama, yakni Karina Salim (pemeran Nada) dan Edward Akbar (pemeran Genta) membawakan lagu yang menjadi inspirasi film dengan judul yang sama dengan lagunya "Mantan Terindah".

Ketiga lagu tersebut diaransemen oleh komposer Aghi Narottama dengan  melibatkan 10 pemusik yang terdiri dari string sections yang dipimpin oleh Alvin Witarsa, Irsa Destiwi (piano), Donny Sundojo (bass), Robert Mulyaraharja (gitar) dan Dimas Pradipta (drum).

Selama film diputar, penonton disuguhkan live scoring, di mana seluruh soundtrack yang terdapat dalam film dibawakan secara langsung.

"Bagi saya ini tantangan untuk dapat mengaransemen ulang sebuah lagu yang sudah sangat kuat dan punya banyak fans," ujar Aghi yang menciptakan 39 score untuk film tersebut.

Produser Eksekutif, Dino Hamid mengungkapkan ide pembuatan film ini berawal dari konser 30 Tahun Yovie Widianto "Irreplaceable" yang kemudian dikemas dalam bentuk album dan kini divisualisasikan dalam bentuk film.

"Tercetuslah sebuah konsep bagaimana memasukkan unsur musik yang merupakan inspirasi awal cerita ke dalam sebuah film selain dari lagu soundtrack, yaitu dengan membuat konser kecil yang mengiringi setiap cerita dalam film yang sedang dimainkan. Kami ingin menjadikan konser-album-film menjadi satu kesatuan," ujarnya.

"Mantan Terindah" bergenre drama cinta berdurasi 103 menit yang bercerita  seorang gadis dengan kado khusus (special gift).

Marcella mengungkapkan, film itu bercerita tentang takdir dan bagaimana manusia menyikapinya dengan menerima, atau justru mengubahnya.

Film ini dibintangi Karina Salim, Edward Akbar, Salvita Decorte, Angela Nazar, Ray Sahetapi, Hedi Yunus. "Mantan Terindah" diputar di bioskop mulai 6 November.

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014