Jangan berpikir bantuan itu dalam bentuk hibah, tapi akan digulirkan dalam bentuk program kerja.
Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat (Jabar), akan merealisasikan bantuan bagi Rukun Warga (RW) di Kota Bandung masing-masing Rp100 juta mulai tahun 2015.

"Bantuan RW itu akan digulirkan pada 2015 dan sudah masuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD) Kota Bandung. Pasti digulirkan terlebih itu janji kami kepada warga Kota Bandung," kata Wakil Wali Kota Bandung, H Oded M Danial, di Bandung, Jumat.

Menurut dia, rencana program itu sudah masuk dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung tahun 2015.

Ia mengatakan bantuan RW itu tidak bisa digulirkan pada 2014 karena belum masuk dalam RJPMD yang baru dialokasikan pada APBD 2015.

"Warga jangan khawatir karena program itu pasti digulirkan, sudah masuk dalam pembahaan APBD Kota Bandung 2015," katanya.

Namun demikian menurut Oded M Danial, dana bantuan RW itu tidak diserahkan dalam bentuk dana tunai atau hibah namun akan digulirkan dalam bentuk program masyarakat di lingkungan RW.

Hal itu menurut dia untuk memastikan bantuan itu bergulir dan tepat sasaran dan hasil programnya dapat dirasakan langsung oleh warga RW masing-masing.

"Jangan berpikir bantuan itu dalam bentuk hibah, tapi akan digulirkan dalam bentuk program kerja. Silakan programnya disampaikan, nantinya kami salurkan bantuan RW itu. Setiap RW harus punya program kerja," katanya.

Oded menyatakan, item-item kegiatan programnya sedang dalam pembahasan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Bandung sehingga item-item itu yang berkenaan langsung dengan masyaraka.

"Nantinya programnya harus mengacu pada item-item yang sudah dikaji dan disusun, sehingga program itu bisa mengena untuk kesejahteraan masyarakat," kata Wakil Wali Kota Bandung itu menambahkan.

Bantuan RW merupakan salah satu janji kampanye pasangan Wali Kota Ridwan Kalim dan Oded M Danial pada Kampanye Wali Kota Bandung tahun 2013 lalu. Selain itu duet pemimpin Kota Bandung itu menggulirkan program Bandung Juara di segala sektor serta termasuk pembangunan taman-taman tematik di Kota Kembang.
(S033)



Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014