... warga dari Kecamatan Cidaun, mencapai Rp400.000 sekali jalan. Belum biaya tambahan untuk menginap... "
Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News)- Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Cianjur, Jawa Barat, berharap pembuatan KTP dan Kartu Keluarga kembali dipermudah dan dapat dibuat di kecamatan setempat.

"Kami sangat prihatin terhadap warga yang berdomisili jauh dari kota kabupaten, harus jauh-jauh mengurus KTP dan KK ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil. Sehingga biaya yang dikeluarkan membengkak terutama warga yang tinggal di Cianjur selatan, mending kalau satu hari beres, ini sampai berhari-hari," kat Sekjen APDESI Cianjur, Beni Irawan, di Cianjur, Minggu.

Cianjur Selatan merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang berada di ujung provinsi itu. Jarak dan waktu tempuh bagi warga untuk mengurus dokumen-dokumen kependudukan dan administrasi sipil lain sering menjadi hambatan tersendiri.

Mendapati hal tersebut, pihaknya telah berkali-kali mendatangi Disdukcapil, agar dapat meringankan beban warga terutama yang tinggal dipelosok, dapat mengurus KTP dan KK di kecamatan tempatnnya berdomisili.

Sehingga mengurangi beban pengeluaran warga yang mencapai ratusan ribu, sekali datang ke kantor disdukcapil di Cianjur.

"Biaya pembuatan KTP dan KK tidak seberapa, bahkan gratis, namun biaya yang dikeluarkan warga seperti warga dari Kecamatan Cidaun, mencapai Rp400.000 sekali jalan. Belum biaya tambahan untuk menginap jika dalam satu dua hari KTP dan KK belum selesai," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014