London (ANTARA News) - Presiden Republik Serbia Tomislav Nikolic menganugerahi penghargaan "Order of the Serbian Flag of the Second Degree" kepada Dubes RI Semuel Samson di Kantor Kepresidenan Serbia.

Penghargaan tersebut yang pertama kali diberikan kepada seorang Dubes RI dalam sejarah hubungan bilateral antara Indonesia dan Serbia, demikian Sekretaris Tiga KBRI Beograd, Khotijahtus Sadiyah kepada Antara London, Selasa.

Penyerahan penghargaan dihadiri para pejabat Pemerintah Serbia, keluarga Duta Besar, staff KBRI Beograd dan media. Penghargaan diserahkan Presiden Serbia kepada Dubes Semuel Samson pada kesempatan Farewell Call di Kantor Kepresidenan Serbia, Jumat pekan lalu.

Penghargaan "Order of the Serbian Flag of the Second Degree" merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan hanya kepada tokoh-tokoh negara sahabat yang dinilai telah memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan hubungan persahabatan dengan negara Serbia.

Penasihat Presiden Serbia Prof Dr Oliver Antic selaku Ketua Komite Penghargaan membacakan Keputusan Presiden Serbia. Penghargaan kepada Dubes Semuel Samson diberikan atas dasar jasanya dalam pengembangan dan memperkuat kerja sama serta hubungan bersahabat antara Serbia dan Indonesia.

Selain itu juga dalam mempromosikan peningkatan kerja sama antara kedua negara di bidang politik, ekonomi, pendidikan, olah raga, pertahanan, sosial dan kebudayaan.

Penasihat Presiden Serbia secara khusus menyampaikan bahwa Serbia dan Indonesia mempunyai hubungan persahabatan dan dukungan terbesar yang dilakukan dubes di bidang dialog politik pada tingkatan tertinggi, yang sejalan dengan sikap dan politik Indonesia yang memberikan dukungannya kepada Serbia terhadap permasalahan Kosovo dan Metohija.

Dubes menyampaikan penghargaan yang diterimanya bukan hanya merupakan hasil kerja keras pribadinya, namun merupakan hasil kerja keras seluruh Staf KBRI Beograd dan juga "stakeholders" lainnya, baik di Indonesia maupun di Serbia, mulai dari kalangan Pemerintah, Parlemen, pimpinan-pimpinan agama, akademisi, media, kalangan usaha, kamar dagang, hingga kepada rakyat ke dua negara.

Ia juga menyampaikan penghargaan itu mengandung arti penting bukan saja kepada dirinya sebagai tanda mata pada masa pengakhiran masa jabatannya sebagai Kepala Perwakilan RI di Beograd, tetapi juga menandai 60 tahun hubungan diplomatik yang secara resmi dimulai pada 4 November 1954. 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014