Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Hendro Pandowo mengatakan akan ada delapan demo dari berbagai elemen masyarakat, buruh dan mahasiswa di Jakarta, Rabu ini.

"Menurut informasi yang berhasil kita himpun, hari ini ada delapan aksi dengan tuntutan berbeda," kata Hendro di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan massa aksi yang akan berunjuk rasa menuntut penolakan Basuki Tjahaya Purnama menjadi gubernur.

Kemudian, lanjut dia, akan ada aksi buruh menuntut kesejahteraan dan demo mahasiswa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak.

"Tentu akan kita layani, amankan dan kawal," kata Hendro.

Ia menjelaskan aksi hari ini akan terpusat di depan Istana Negara.

"Kebetulan nanti ada pelantikan Ahok menjadi gubernur, kita pusatkan pengamanan di sekitar Istana Negara," katanya. Menurut rencana Ahok akan dilantik pukul 14.00 WIB.

Meskipun begitu, lanjut Hendro, polisi juga akan tetap mengamankan sejumlah objek vital di Jakarta yang dianggap berpotensi untuk dilakukan unjuk rasa.

"Personil jaga di Balai Kota, bundaran Hotel Indonesia, dan Istana Wapres," katanya.

Sementara itu sebanyak 3.600 polisi telah disiagakan sejak pukul 07.00 di sekitaran Istana Negara untuk mengamankan pelantikan Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta sekaligus menjaga massa yang menolak aksi kenaikan harga BBM.

Pewarta: Sigid Kurniawan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014