Kami harapkan jumlah pesertanya mencapai 15 ribu atlet dari 110 negara. Yang jelas pendataan calon negara peserta terus kami lakukan,"
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia sebagai tuan rumah menargetkan jumlah peserta pada Kejuaraan Olahraga Rekreasi Dunia atau Tafisa 2016 di Jakarta mencapai 110 negara.

Sekjen Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (Formi) Sudarminto di Jakarta, Rabu, mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan negara calon peserta serta menyiapkan administrasi pelaksanaannya.

"Kami harapkan jumlah pesertanya mencapai 15 ribu atlet dari 110 negara. Yang jelas pendataan calon negara peserta terus kami lakukan," katanya di Kantor Formi di kawasan Senayan, Jakarta.

Pada Tafisa 2016, kata dia, semua cabang olahraga yang tidak dipertandingkan pada Olimpiade akan dimainkan termasuk olahraga tradisional dari masing-masing negara peserta. Sebagai tuan rumah, Indonesaia juga akan menampilkan beberapa olahraga unggulan.

"Enggrang juga akan dimainkan pada Tafisa 2016. Untuk dari negara lain ada Capoeira dari Brasil, Tribal Dance dari Zimbabwe serta Yabusame dari Jepang," katanya menambahkan.

Untuk lokasi pertandingan, kata dia, sesuai dengan rencana akan dilakukan di Monumen Nasional (Monas), Bundaran Hotel Indonesia hingga kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. GBK juga berpeluang menjadi lokasi pembukaan dan penutupan.

Meski waktu pelaksanaannya masih panjang, rangkaian kegiatan untuk menghadapi kejuaraan empat tahunan ini mulai digelar yang salah satunya adalah Pemilihan Putra Putri Bugar Indonesia 2014. Adapun pesertanya berasal dari level siswa-siswi, mahasiswa hingga umum.

"Ada empat hal yang nilai mulai dari proporsional tubuh (tinggi dan berat badan), VO2Max, kelenturan hingga otot," kata Ketua Bidang Pemberdayaan dan Program Formi, Lily Greta Karmel.

Menurut dia, dilakukannya pemilihan putra putri bugar ini diharapkan mampu memberikan pembelajaran bagi masyarakat untuk hidup sehat karena kebugaran akan mendukung prestasi disegala bidang termasuk prestasi olahraga.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014