Den Haag (ANTARA News) - ADO Den Haag berhasil menahan imbang Ajax Amsterdam dengan skor akhir 1-1 dalam laga lanjutan Liga Eredivisie Belanda di Stadion Kyocera, Den Haag, Minggu.

Gol yang dicetak penyerang Michiel Kramer pada menit 85 menggagalkan kemenangan Ajax, yang sudah memiliki keunggulan sejak menit 8.

Hasil tersebut membuat Ajax tertahan di posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 30 poin, terpaut 1 poin dari PSV Eindhoven di puncak klasemen yang akan melakoni laga penting melawan tim penghuni kelompok tiga besar tradisional, Feyenoord, Rabu mendatang (3/12).

Sementara ADO tidak beranjak dari bibir jurang degradasi di peringkat 15 dengan raihan 14 poin, hanya terpaut dua poin dari peringkat 16.

Gol cepat yang diciptakan gelandang Davy Klaassen membawa Ajax unggul pada menit 8. Klaasseen menerima bola umpan yang dikirimkan Arkadiusz Milik dengan menggunakan sundulan kepalanya.

Tiga menit berselang ADO berusaha menyamakan kedudukan melalui tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Michiel Kramer, namun bola masih mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Jasper Cillessen.

Hingga paruh awal laga usai, kedua tim berusaha membangun serangan dan menciptakan gol namun tidak satupun cukup berbahaya apalagi membuahkan hasil.

Memasuki babak kedua ADO seolah mendapatkan suntikan semangat baru seusai turun minum. Hingga 15 menit pertama mereka telah melepaskan lima kali percobaan ke arah gawang, meski hanya satu yang tepat sasaran lewat sundulan Mike van Duinen pada menit 57 meski masih bisa ditangkap oleh Cillessen.

Mengetahui tengah berada di bawah banyak ancaman, Ajax mencoba kembali keluar menyerang, namun tiga percobaan tembakan dari penyerang Ricardo Kishna tidak sekalipun menemui sasaran sepanjang menit 61-65.

Hingga 10 menit jelang waktu normal usai, Ajax sepertinya cukup yakin bakal membawa tiga poin penuh dari laga tersebut, namun petaka terjadi pada menit 85 saat ADO berhasil menyamakan kedudukan melalui penyerang Michiel Kramer.

Skema gol Kramer, hampir mirip dengan gol yang keunggulan yang dicetak Klaassen untuk Ajax pada awal laga, ia menyepak bola umpan yang dikirimkan Van Duinen dengan sundulan kepala dari jarak dekat.

Di sisa waktu lima menit, Ajax kembali berusaha merebut kembali keunggulan, namun Lasse Schone terjebak strategi offside, sementara tendangan jarak dekat dari Mike van der Hoorn, pemain belakang yang baru masuk pada menit 83 menggantikan Niklas Moisander, menerima umpan Schone masih bisa diselamatkan penjaga gawang Martin Hansen.

Pada menit lima perpanjangan waktu babak kedua, sebuah pelanggaran tidak perlu dilakukan oleh bek Gianni Zuiverloon, yang membuat ia diganjar kartu kuning kedua dan membuat ADO harus bermain dengan 10 pemain.

Beruntung tidak lama kemudian wasit Serdar Gozubuyuk meniupkan peluit tanda laga usai dalam kedudukan akhir 1-1.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga itu sebagaimana dilansir UEFA.com.

ADO Den Haag (4-3-3): Martin Hansen (PG); Gianni Zuiverloon, Vito Wormgoor, Wilfried Kanon, Aaron Meijers; Kevin Jansen, Dion Malone, Mathias Gehrt (Xander Houtkoop); Mike van Duinen, Michiel Kramer (Thomas Kristensen), Roland Alberg
Pelatih: Henk Fraser.

Ajax Amsterdam (4-3-3): Jasper Cillessen (PG); Ricardo van Rhijn, Joel Veltman, Niklas Moisander (Mike van der Hoorn), Nick Vierverger; Davy Klaassen, Thulani Serero, Lucas Andersen (Jairo Riedewald); Lasse Schoene, Arkadiusz Milik, Ricardo Kishna (Kolbeinn Sigthorsson)
Pelatih: Frank De Boer.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014