Rencana Forum Sumatera-Jepang itu harus didukung dan ditangkap karena akan menguntungkan masyarakat dan pemerintah Provinsi Sumut,"
Medan (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi rencana Forum Sumatera-Jepang yang berencana menawarkan proyek "people to people" terkait tekologi khususnya sektor air bersih kepada masyarakat di daerah itu.

"Rencana Forum Sumatera-Jepang itu harus didukung dan ditangkap karena akan menguntungkan masyarakat dan pemerintah Provinsi Sumut," kata Wakil Gubernur Sumut H Tengku Erry Nuradi di Medan, Jumat.

Dia yang didampingi Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumut Dinsyah, staf ahli Gubernur Riadil A. Lubis dan jajaran lainnya mengatakan itu usai menerima Forum Sumatera- Jepang yang dipimpin Konsulat Jenderal Jepang di Medan Yuji Hamada.

Hadir dalam pertemuan itu juga Sekretaris Konjen Jepang Mariati, Ketua Forum Sumatera-Jepang Tengku Kemala Intan dan anggota forum H J Umeda.

Menurut Wagub Sumut, rencana itu semakin disambut baik, mengingat hubungan Indonesia-Jepang maupun Jepang-Sumut sudah berjalan baik di berbagai bidang.

Di pertanian Sumut misalnya, sudah ada kerja sama Jepang dengan Pemkab Serdangbedagai.

Sementara di sektor peternakan dengan Kabupaten Langkat, energi dengan Kabupaten Tapanuli Utara dan dewasa ini sedang dilaksanakan kerja sama di bidang lingkungan hidup yaitu pengelolaan sampah untuk kompos dengan Pemkot Medan.

"Kalau dewasa ini ada penawaran teknologi lainnya khususnya air bersih, tentunya sangat menggembirakan karena Sumut juga masih kekurangan air bersih,"katanya.

Konsulat Jenderal Jepang di Medan Yuji Hamada, mengatakan, teknologi air bersih yang akan ditawarkan kerja samanya dengan Sumut itu sudah teruji karena di Jepang telah dilaksanakan selama berabad abad.

Teknologi dan peralatannya juga cukup sederhana karena antara lain dengan menggunakan bambu.

Meski sederhana dan murah, teknologi itu bisa menghasilkan air bersih dari dalam tanah hingga 1.400 meter.

"Teknologi itu sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang ada sekitar perairan pantai,"katanya.

Adapun teknologi di bidang perikanan adalah dengan menawarkan pemberian nitrogen cair untuk ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan sehingga hasil tangkapan bisa bertahan hingga beberapa tahun karena dengan nitrogen itu suhu pendinginan bisa cukup tinggi .

"Kami senang Pemprov Sumut mendukung dan diharapkan kerja sama bisa segera terealisasi agar potensi perekonomian Sumut yang cukup besar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan Pemprov Sumut," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014