... bisa meningkatkan kemampuannya dalam meliput berita...
Blora, Jawa Tengah (ANTARA News) - Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) Jakarta bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan , menggelar loka karya jurnalistik dengan tema meliput berita berkedalaman di Cepu, Kabupaten, Blora, Jawa Tengah, Sabtu (6/12) dan Minggu (7/12).

"Kami berharap peserta bisa memperoleh manfaat dari mengikuti lokakarya ini, sehingga bisa meningkatkan kemampuannya dalam meliput berita," kata Field Public and Government Manager EMCL, Rexy Mawardijaya, dalam acara pembukaan lokakarya, di Cepu, Blora, Jawa Tengah, Sabtu.

Lebih lanjut ia menjelaskan keberadaan wartawan di lingkungan tempatnya bekerja di bidang migas cukup penting, sebab bisa memberikan informasi seputar masalah sosial yang muncul di sekitar kawasan migas.

"Selama ini keberadaan keberadaan wartawan cukup penting, sebab juga bisa berfungsi menjadi pengontrol dalam kami bekerja," katanya.

Dalam lokakarya yang diikuti wartawan dari Bojonegoro dan Blora, tampil sebagai nara sumber Untung Widyanto (Tempo) dengan materi pemahaman tentang peliputan berita berkedalaman.

Sementara itu, Maria D Andriana (Kantor Berita ANTARA) dengan tema liputan berita berkedalaman bidang sumber daya alam dan Direktur Eksekutif LPDS Jakarta, Priyambodo RH, dengan materi liputan berkedalaman di media cyber, juga berbagai materi lainnya.

Menurut Priyambodo, lokakarya yang digelar ini juga sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan wartawan di bidang jurnalistik.

"Apalagi seorang wartawan dalam bekerja juga harus lulus uji kompetensi," katanya.

Ia menyebutkan Dewan Kehormatan Pers melalui web mulai mengumumkan nama-nama wartawan yang ada di Indonesia, yang sudah lulus uji kompetensi, sejak 2010.

"Ada sekitar 10.000 wartawan lebih yang masuk dalam daftar wartawan yang lulus uji kompetensi," paparnya.

Ia menyebutkan wartawan yang namanya masuk dalam web Dewan Kehormatan Pers tersebut, sebelumnya telah lulus uji kompetensi yang digelar Dewan Kehormatan Pers, PWI, juga Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Sebelum itu, Staf Humas SKK Migas Jabanusa (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara), Priandono Hernanto, menjelaskan eksplorasi dan eksploitasi migas yang dilaksanakan sejumlah kontraktor yang berada di wilayahnya. 



Pewarta: Slamet Sudarmojo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014