Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menghimbau masyarakat melakukan olahraga setiap harinya. Menurut dia, melakukan olahraga tidak memerlukan alat dan sepatu yang mahal.

"Olahraga enggak perlu pakai alat dan sepatu mahal. Kita bisa lakukan olahraga di mana saja, di halaman, misalnya, senam jantung, stretching, squad. Latihan olahraga itu murah sebenarnya, asal mau saja," ujar Ahok dalam peringatan puncak Hari Osteoporosis Nasional, di Jakarta, Minggu (7/12).

Ahok menyarankan masyarakat aktif bergerak setiap harinya, semisal melakukan senam ringan, sit up, pull up dan push up, minimal 30 menit dalam sehari.

Menurut dia, gerakan ringan yang dilakukan selama 30 menit bermanfaat cukup bagi mereka yang sehari-harinya bekerja dalam ruangan.

"Saya harapkan, enggak hanya setiap hari olahraga, tetapi melakukan gerakan,... melakukan gerakan selama 30 menit dalam sehari, itu kita bisa kuat kerja berjam-jam dalam ruangan," kata Ahok.

"...Kalau mau perut enggak buncit ya sit up saja. Kalau enggak pengen pendek ya di rumah gantungan biar otot dan tulang kita semakin memanjang," ujar dia.

Menurut Ahok, selain melakukan olahraga rutin agar hidup sehat, sebaiknya tidur lebih awal, bangun lebih pagi dan menghentikan konsumsi alkohol.

"Bangun lebih pagi, tidur lebih awal, jangan minum alkohol, biar hidup lebih panjang. Semua orang harus rajin olahraga, kita kan hidup lebih sehat dan pasti awet muda," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014