... akan menjadikan kuliner Indonesia tuan rumah di negeri sendiri. Konsolidasi dilakukan untuk meningkatkan jejaring dan daya saing...
Bandung (ANTARA News) - Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) lakukan konsolidasi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 untuk tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"APJI akan menjadikan kuliner Indonesia tuan rumah di negeri sendiri. Konsolidasi dilakukan untuk meningkatkan jejaring dan daya saing," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat APJI, Rahayu Setyowati, pada Rakernas I APJI, di Bandung, Rabu.

Menurut dia, produk jasa boga Indonesia sangat diperhitungkan di pasar luar negeri, namun di sisi lain perlu ada penguatan daya saing produk agar bisa tetap eksis di pasar dalam negeri bahkan bisa merambah pasar ekspor.

Penguatan jejaring dan daya saing menjadi priroitas asosiasi tersebut, sehingga bisa mendorong para pelaku jasa boga Indonesia untuk lebih sadar persaingan pada ajang MEA.

Ia menyebutkan, sektor jasa boga telah memberikan sumbangan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan pelaku usaha mandiri cukup banyak lahir dari sektor jasa boga.

Pada Rakernas APJI ini, pihaknya mempersiapkan program kerja 2015, dan menargetkan pembentukan DPD APJI di 34 provinsi.

Selain mempersiapkan diri menghadapi MEA 2015, Rakernas juga menjadi ajang silaturahmi antara anggota dan pengurus APJI untuk dapat saling memberikan informasi positif, guna meningkatkan kualitas, dan yang pada akhirnya akan membawa efek positif bagi perekonomian Indonesia.

Sementara itu Ketua APJI DPD Jawa Barat, Nani Istomo, menyatakan, sudah saatnya organisasi APJI menyatukan segala potensi, kekuatan, dan kerjasama internal dalam menghadapi MEA 2015.

"Jaringan kemitraan yang solid dengan mitra usaha maupun instansi pemerintah menjadi satu kebutuhan yang harus menjadi perhatian, baik di pusat maupun di daerah," katanya.

Saat ini, APJI yang berdiri sejak 1987 telah memiliki 30.000 anggota yang tersebart di seluruh Indonesia dan saat ini berada dan menjadi bagian dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Selama ini anggota APJI bersama sama membangun budaya kuliner Indonesia termasuk mendorong pertumbungan ekonomi kreatif berbasis jasa boga.

"Kini sudah ada 18 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APJI seluruh Indonesia. Tahun 2015 ditargetkan sudah ada kepengurusan di setiap provinsi," kata Setyowati.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014