Jakarta (ANTARA News) - Gereja Theresia, Jakarta Pusat, menghadirkan nuansa tradisional dengan menggunakan batik pada Natal 2014.

"Kali ini kita gunakan medium yang tradisional yaitu batik, karena kita inginkan budaya kita tetap terjaga," kata Romo Kepala Albertus Hani Rudi Hartoko di Jakarta, Rabu.

Kain batik digunakan sebagai aksesoris pohon natal dan kandang natal. Pohon natal ini menggunakan beberapa kain batik yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

Romo Albertus mengatakan, pemilihan batik sebagai aksesoris utama pohon natal adalah pilihan kaum muda gereja.

Selain menggunakan batik, natal kali ini Gereja Theresia mengangkat tema "Keluargaku Melayani".

Ketua panitia perayaan Natal Gereja Theresia, Nesya Nathan mengatakan, pohon natal unik dari batik adalah hasil karya dekorasi warga paroki.

"Sengaja kita pilih tema batik untuk dekorasinya agar lebih bervariasi berbeda dengan tahun lalu yang menggunakan barang bekas," kata Nesya.

Menjelang Natal pada 25 Desember, Gereja Theresia menyediakan beberapa tenda untuk menampung jemaat yang membludak.

Diperkirakan 3.000 anggota jemaat akan mengikuti misa natal yang digelar di Gereja Theresia. Misa sendiri digelar tiga kali.

Pertama pada pukul 12.00 WIB yang menggunakan bahasa Inggris bagi para ekspatriat, lalu misa umum pukul 17.00 WIB dan pukul 22.30 WIB bagi anak muda. Misa menjelang malam Natal itu berbeda dibandingkan misa sebelumnya karena akan ada tarian di tengah misa.



Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014