Cape Town (ANTARA News) - Yaya Toure berpeluang menjadi pemain terbaik Afrika 2014 untuk keempat kalinya secara berturut-turut pada pengumuman pemenang penghargaan yang akan diadakan di Lagos, Kamis.

Toure salah satu dari trio finalis calon penerima penghargaan bersama kiper Nigeria Vincent Enyema dan striker Gabon Pierre-Emerick Aubameyang, akan dipilih oleh para pelatih dan kapten dari tim-tim negara Afrika tersebut.

Selain itu Toure meraih nominasi lain atas penampilannya untuk Manchester City di Liga Inggris (Premier League), selain prestasinya untuk negara Pantai Gading.

Pemain berusia 31 tahun itu mencetak gol bagi Manchester City saat kemenangan tim di final Piala Liga atas Sunderland pada Maret dan juga telah mencetak 20 gol dalam perjalanan merebut gelar liga utama Inggris.

Namun dia tampil kurang meyakinkan di Piala Dunia Brazil dimana Pantai Gading harus tersingkir awal pada babak grup kalah dari Yunani.

Sementara Aubameyang dan Enyeama merupakan nominator untuk pertama kali.

Pemain berusia 25 tahun kelahiran Prancis Aubameyang menjadi nominator karena penampilannya yang luar biasa bersama klub asal Jerman Borussia Dortmnund. Dia juga membantu Gabon lolos kualifikasi Piala Afrika meskipun dia harus absen di dua pertandingan terakhir karena kekhawatiran kontroversial tentang virus ebola.

Sedangkan Enyeama tampil memukau bersama Nigeria di Piala Dnia ketika negara itu lolos untuk kedua kalinya ke Piala Dunia. Pemain berusia 32 tahun itu juga cukup konsisten penampilannya di liga utama Prancis bersama Lille.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015