Jakarta (ANTARA News) - Surya Citra Media (SCM) Cup 2015 di Padang, Sumatra Barat dan Malang, Jawa Timur, 17-27 Januari dipastikan akan menjadi ajang pemanasan bagi delapan tim yang akan turun di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014/2015.

"Turnamen ini merupakan ajang pemanasan sebelum turun di kompetisi resmi yang rencananya akan digulirkan pertengahan Februari," kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono di Jakarta, Senin.

Delapan tim yang turun pada turnamen dengan total hadiah Rp400 juta itu adalah Grup A yang akan bertandingan di Stadion Agus Salim Padang adalah Semen Padang, Persija Jakarta, Sriwijaya FC dan Persebaya Surabaya.

Sedangkan Grup B yang akan bertanding di Stadion Kanjuruhan Malang adalah Arema Indonesia, Persela Lamongan, Persipura Jayapura dan Mitra Kukar.

"Pemilihan tim dalam masing-masing grup didasarkan pada letak geografis termasuk menentukan lokasi pertandingan antara Persebaya dan Persela," katanya menambahkan..

Pria yabg juga Sekjen PSSI itu menjelaskan, selain sebagai ajang pemanasan, SCM Cup 2015 ini adalah sebagai ajang untuk pembuktian bagi tim yang selama ini selalu bertengger dipapan atas kompetisi tertinggi di Tanah Air.

"Ada tiga tim yang pernah merasakan menjadi juara liga yaitu Arema Indonesia, Persipura dan Sriwijaya. Meski Persib tidak jadi turun, persaingan dipastikan akan ketat," katanya menegaskan.

Sementara itu, Direktur Program dan Produksi SCM Harsiwi Achmad mengatakan, digelarnya turnamen pra musim ini merupakan komitmen dari pihaknya untuk menghadirkan olahraga terutama sepak bola selain hiburan.

"Kami ingin menjadi media yang mendukung kemajuan olahraga di Indonesia. Khusus untuk SCM Cup akan kami disiarkan langsung melalu SCTV dan Indosiar." katanya.

Menurut dia, kerja sama dengan PSSI ini bukan merupakan yang pertama. Sebelumnya, SCM terus memberikan dukungan terhadap pembinaan sepak bola usia muda terutama dalam mengawal Timnas Indonesia U-19.

SCM Cup 2015 akan diawali dengan pertandingan antara tuan rumah Semen Padang melawan Persebaya Surabaya di Stadion Agus Salim Padang, 17 Januari. Sedangkan di Malang, pertandingan pertama akan mempertemukan Arema Indonesia berhadapan dengan Mitra Kukar di Stadion Kanjuruhan, Malang, 18 Januari.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015