New York (ANTARA News) - Perkelahian antara pebasket gaek Brooklyn Nets, Kevin Garnett, dengan center Houston Rockets, Dwight Howard, mewarnai kemenangan tim tamu dengan skor 113-99 di Barclays Center, New York, Selasa WIB.

Garnett diusir dari kanvas pada kuarter pertama akibat menanduk wajah Howard dan melempar bola ke pemain center Rockets itu yang menyudahi dengan capaian delapan poin dan lima rebounds itu.

Sementara Howard dikenai technical foul akibat terlihat menampar atau memukul leher Garnett.

Kuarter pertama masih menyisakan waktu tujuh menit 53 detik saat Garnett murka akibat dianggap melakukan pelanggaran terhadap Howard, kedua pemain kemudian saling dorong, namun keadaan menjadi serius ketika Garnett melempar bola ke Howard dan ketika keduanya berhadapan, Garnett menandukkan kepalanya ke sekitar mulut Howard.

Howard bereaksi dengan tangan kanannya, dan kedua pemain dipisahkan, kemudian Garnett sempat berusaha mendatangi Howard lagi sebelum ia akhirnya digiring ke ruang ganti.

Pelatih Rockets Kevin McHale bahkan menilai bahwa kejadian itu seharusnya tidak berujung pengusiran Garnett dari kanvas.

"Di masa lalu kejadian semacam itu dianggap 'play-on', sekarang mereka mengusir pemain keluar. Saya pikir itu bukan hal besar," kata McHale.

Sementara technical foul yang dikenakan ke Howard, menurut pelatih Nets Lionel Hollins ofisial pertandingan mengatakan kepada dia bahwa Howard dianggap tidak melakukan pukulan, namun apabila NBA beranggapan lain, bukan tidak mungkin ia dilarang tampil pada saat Rockets mengunjungi klub lamanya, Orlando Magic, Rabu malam waktu setempat.

Wajah Howard mungkin masih terasa nyeri akibat tandukan Garnett dan telinganya mungkin dijejali sorakan dari pendukung tuan rumah, namun ia tidak berusaha membungkam mulut mereka saat tetap meminta bola dalam skema serangan Rockets, katanya ia membidik kemenangan bukan balas dendam.

"Selama saya memenangi pertandingan, itu yang paling penting. Kami memenangi 82 pertandingan dan melaju ke babak 'playoffs', saya akan membuktikan kemampuan diri pada waktunya," kata Howard seusai laga.

Sementara itu rekan setim Howard, James Harden, menyudahi laga dengan sumbangan angka terbanyak, 30 poin.

Di kubu Nets, pemain yang menjalani musim kedua di NBA, Mason Plumlee, mengemas rekor perolehan poin tertingginya sepanjang karir, 24 poin, meski harus didapati saat timnya menderita enam kekalahan beruntun.

Berkat kemenangan kali ini, Rockets sukses menghentikan catatan Nets menahan delapan lawan terakhir mereka yang meski menang namun tidak bisa melampaui perolehan 100 poin, catatan terpanjang di NBA musim ini, demikian AP.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015