Jakarta (ANTARA News) - Publik figur Mona Ratuliu yang akrab dipanggil Mona menggunakan media gambar dan dongeng untuk mengajarkan dan menerapkan hidup sehat kepada anak-anaknya.

"Anak-anak senang banget dongeng, membaca, menggambar tentang sanitasi, hidup bersih, air bersih, sudah selesai gambar kemudian diceritain," kata wanita kelahiran 31 Januari 1982 itu di Jakarta, Rabu.

Menurut istri dari Indra Brasco itu, kegiatan menggambar membuat anak aktif dan mengesplorasi pengetahuan yang dimiliki, yang kemudian diarahkan untuk menceritakan apa yang dipikirkannya.

Dalam mendongeng, kata aktris itu, cerita yang diangkat bertemakan pola hidup sehat dan bersih. Menurutnya, belajar sanitasi akan lebih menarik bagi anak jika orang tua bercerita seperti mendongeng sebelu tidur dengan tokoh-tokoh dongeng yang akrab di telinga anak.

Lebih lanjut pemain sinetron "Pelangi di Matamu" itu mengatakan ajakan hidup sehat dapat disampaikan dengan mengajak anak bernyanyi yang mendorongnya melakukan pola hidup sehat seperti mandi dengan air bersih dan cuci tangan. Kiat itu, lanjutnya, berdasarkan pengalaman dalam kehidupan rumah tangganya.

"Kalau di rumah pakai nyanyi ayo mandi sekarang pakai air bersih," ujar presenter itu.

Ibu dari Davina Syafa Felisa, Barata Rahadian Nezar dan Syanala Kania Salsabila mengatakan memarahi anak merupakan cara yang tidak efektif untuk mengajarkan anak hidup sehat.

"Anak-anak semisalnya gak mau tapi kita pakai ngomel kan, aduh saya juga melakukan hal yang sama ternyata gak efektif karena bukannya didengerin pesan kita malah sebel dengar omelan kita," ujar dia.

Menurutnya, orang tua sangat berdampak dalam menanamkan pola hidup sehat sejak dini, oleh karenanya ia mengimbau seluruh orang tua untuk lebih aktif mengajarkan pola hidup sehat dan sanitasi dengan pembelajaran menarik bagi anak.

"Kebiasaan hidup sehat ini harus terbangun, jadi betul-betul kita memahami sebagai orang tua itu menjadi guru pertama dan utamanya anak-anak," katanya.

Mona berharap semakin banyak orang sadar dan peduli akan pentingnya pola hidup sehat dan bersih serta mengajarkannya pada anak, keluarga dan sesama.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015