Menperin resmikan pabrik aki Furukawa Battery Purwakarta

Menperin resmikan pabrik aki Furukawa Battery Purwakarta

Menteri Perindustrian, Saleh Husin (kemenperin.go.id)

Purwakarta, Jawa Barat (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin meresmikan pabrik aki Furukawa Indomobil Battery Manufacturing (FIBM) yang berlokasi di Kawasan Industri Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis.

FIBM merupakan perusahaan patungan antara Furukawa Battery Co dan Indomobil Group, dengan pembagian 51 persen milik pihak produsen asal Jepang dan sisanya milik perusahaan Indonesia.

Pabrik yang dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp600 miliar itu berdiri di area seluas 66.000 meter persegi dan akan mempekerjakan sedikitnya 400 karyawan yang diutamakan sumber daya manusia Indonesia.

"Kami menilai investasi tersebut sangat berarti bagi perekonomian Indonesia, bukan hanya karena pabrik akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup signifikan, tetapi juga melibatkan sumber daya lokal termasuk pemasok bahan baku dan komponen lokal sehingga sekaligus akan memperkuat strutktur industri otomotif nasional," kata Menteri Saleh saat menyampaikan sambutannya.

Menperin juga meyakini dengan berdirinya pabrik Furukawa Battery di Purwakarta bakal mengurangj ketergantungan impor aki Indonesia.

Sementara itu, Presiden Direktur FIBM Shunji Ishizaki menyebutkan pabrik Purwakarta yang memiliki kapasitas produksi lebih dari satu juta unit per tahun akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan pasar dalam negeri ketimbang ekspor.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat dinamis di Indonesia, kami melihat pasar domestik yang sangat potensial khususnya dalam mendukung kebutuhan masyarakat akan tersedianya produk aki berkualitas sebagai komponen penunjang utama sebuah kendaraan bermotor.

"Permintaan terhadap produk-produk otomotif di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di Asia, oleh karenanya fokus terhadap pasar lokal merupakan suatu keharusan," kata Ishizaki.

Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara setelah Thailand yang menjadi pusat produksi Furukawa Battery.

Produk-produk Furukawa Battery yang akan diproduksi dan dipasarkan di Indonesia adalah tipe lead-acid battery untuk kendaraan roda empat dan roda dua serta telah dilengkapi teknologi Anti-explode Vent Plug demi menjamin keselamatan pengguna.


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Korsel donasikan 300 penyemprot disinfektan bertenaga baterai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar