Jakarta (ANTARA News) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Minggu (8/2) malam hingga Senin siang menyebabkan perjalanan Bus Transjakarta di sejumlah rute terganggu.

"Hujan deras itu telah menyebabkan sejumlah jalur bus Transjakarta tertutup oleh genangan air sehingga tidak dapat beroperasi secara maksimal," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Antonius Kosasih di Jakarta, Senin.

Akibat genangan air di sejumlah wilayah Jakarta hari ini, menurut dia, perjalanan bus Transjakarta di beberapa rute diperpendek dan sebagian dihentikan total operasinya.

Operasi bus Transjakarta berhenti total antara lain di Koridor 2 (Harmoni-Pulogadung), Koridor 3 (Harmoni-Kalideres), Koridor 8 (Harmoni-Lebak Bulus), Koridor 10 (Tanjung Priok-Cililitan) dan Koridor 12 (Pluit-Tanjung Priok).

"Sementara itu, beberapa koridor yang mengalami perpendekan rute, yaitu Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu) dan Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit)," ujar Kosasih.

Dia menuturkan rute bus pada Koridor 1 hari ini dibagi menjadi dua, yaitu Blok M hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Kota hingga Harmoni.

"Perpendekan rute bus Transjakarta di Koridor 1 itu merupakan imbas dari genangan air yang terjadi di traffic light Istana Negara, kawasan Monas dan Sarinah," tutur Kosasih.

Selanjutnya, dia mengungkapkan pada koridor 5, bus hanya beroperasi sampai Halte Senen. Sedangkan di Koridor 9, bus hanya beroperasi hingga Halte Harapan Kita.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015