Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan mempromosikan tiga produk strategisnya ke pasar Uni Eropa guna meningkatkan hubungan perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa.

"Indonesia dan Uni Eropa akan meningkatkan hubungan dagang di bidang perkapalan. Selama ini Indonesia telah banyak menjual kapal ke Jerman," kata Duta Besar Indonesia untuk Belgia Arif Havis Oegrosono di Jakarta, Rabu.

Arif mengatakan, selain hubungan perdagangan di bidang perkapalan, Indonesia juga akan berpartisipasi dalam pameran Teknologi Informasi dan Telekomunikasi terbesar dunia CEBIT di Jerman pada Maret 2015.

"Indonesia akan berpartisipasi ke sana, akan jualan IT, programming, hardware seperti 4G LTE. Terdapat 13 perusahaan tampil di sana, kerja sama dari Kemenperin dan Bandung Techno Park. Lalu ada roadshow keliling Eropa," ujar Arif.

Untuk produk 4G LTE, tambahnya, Indonesia akan mempromosikan bolt dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dengan "charging wireless" dan IT programming".

Selain itu, tambah Arif, Indonesia juga akan memperkenalkan kopi khas tanah air, di mana pihaknya akan mendatangkan 10 konsumen dari Eropa ke Indonesia.

Menurut Arif, 15 perusahaan asal Indonesia pernah mengikuti pameran CEBIT, yang menghasilkan penandatanganan kontrak senilai 750 ribu dolar AS dan 3,5 juta dolar AS.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015