Padang (ANTARA News) - Perbukitan yang berada di Jalan lintas Sumatera tepatnya di Dusun Kebun Jeruk Silungkang Oso Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis malam, mengalami longsor dan menyebabkan jalur utama yang menghubung Padang-Jambi terputus.

Camat Silungkang Is Munandar di Sawahlunto, Kamis mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 20.00 WIB dan dipastikan tidak ada korban jiwa.

Lokasi longsor berjarak sekitar 10 kilometer dari kota Sawahlunto dan merupakan jalan utama dari Padang menuju Jambi, Palembang, dan Jakarta.

Ia mengatakan hujan deras yang mengguyur kota Sawahlunto sejak sore menyebabkan tanah yang ada di perbukitan tersebut longsor pada lima titik dan telah memenuhi badan jalan.

Akibatnya jalur utama Padang-Jambi terputus dan terjadi kemacetan panjang hingga 10 kilometer, kata dia.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Sawahlunto telah berada di lokasi guna membersihkan longsoran tanah setinggi 1,5 meter serta membersihkan pepohonan yang ada.

Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf sudah berada dilokasi dan memimpin langsung proses pembersihan.

Sejumlah alat berat telah disiagakan untuk membersihkan bongkahan tanah yang ada di badan jalan.

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan pihaknya akan berupaya untuk membersihkan longsoran tanah agar jalur utama yang menghubungkan Padang-Jambi dapat dilalui kembali malam ini.

Ia mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat hingga saat ini hujan masih turun.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015