Solo (ANTARA News) - Tim Persis Solo melakukan pertandingan persahabatan melawan PSIS Semarang sebagai ajang melatih mental pemainnya dalam persiapan Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/2).

PSIS akan tampil menjamu tim tangguh satu level, yakni PSIS di hadapan ribuan penonton, untuk menguji mental pemainnya sebelum mereka turun ke kompetisi, kata Pelatih Persis Solo Aris Budi Sulistyo, usai latihan di Solo, Sabtu petang.

"Kami akan lihat mental pemain tampil dengan banyak penonton, setelah sebelumnya dalam pertandingan melawan tim lokal sempat demam panggung. Sehingga, mereka sering salah umpan," kata mantan pelatih Persik Kediri itu.

Menurut Aris Budi Sulistyo, pemain lama Persis yang berpengalaman menghadapi PSIS kemungkinan tidak masalah, tetapi nama yang baru bisa dilihat perkembangan mentalnya.

Selain itu, pertandingan persahabatan melawan PSIS tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh Persis untuk melatih tim dengan formasi 4-4-2. Skema ini, akan diterapkan baik saat menjadi tuan rumah maupun pertandingan tandang lawan.

"Formasi 4-4-2 ini, merupakan andalan saya untuk bisa memgalahkan setiap lawan yang diahadapi tim," kata Aris Budi.

Menyinggung soal kekuatan tim PSIS Semarang, Aris Budi mengaku belum begitu melihat kekuatan lawan. Tetapi, yang jelas PSIS banyak diperkuat pemain muda yang kualitasnya merata dan memiliki stamina prima.

Aris Budi S. menjelaskan, timnya dalam menghadapi PSIS akan menurunkan pemain yang mengikuti kompetisi musim tahun lalu dipadukan dengan beberapa pemain baru yang bergabung Persis tahun ini.

Pemain wajah-wajah baru yang bergabung dengan Persis antara lain Diva Tarkas (gelandang), Qoiron Sandy (bek), Modestus Setiawan (bek), dan Abdul Rosyid (bek).

Pemain lama Persis musim lalu yang bergabung tahun ini, siap diturunkan melawan PSIS, antara lain Ferryanto (stiker), Ainudin Defira (gelandang serang), Hendri Aprilianto (bek), Liswanto (bek), Andrid Wibowo (gelandang), Bayu Nugroho (gelandang), dan Agus Prasetyo (kiper)

"Kami tidak melihat hasilnya, tetapi memaksimalkan formasi tim dalam uji coba ini," katanya.

Panitia pelaksana dari Persis Solo, telah menyediakan 20.000 lembar tiket masuk stadion dalam pertandingan persahabatan Persis melawan PSIS Semarang.

"Pertandingan persahabatan tuan rumah Persis lawan PSIS, kick-off sekitar pukul 15.30 WIB." katanya.

Menyinggung soal surat perizinan dari kepolisian setempat, Hery Isranto menjelaskan, sudah mendapatkan surat izin baik rekomendasi dari PSSI maupun Polresta Surakarta.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015