Peran masyarakat dalam mendukung rencana pembangunan gedung sekretariat IPHI ini cukup besar...
Gorontalo (ANTARA News) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberikan apresiasi pembangunan gedung sekretariat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), sehingga memudahkan masyarakat untuk menggali informasi tentang kegiatan haji.

"Peran masyarakat dalam mendukung rencana pembangunan gedung sekretariat IPHI ini cukup besar, kami dari pemerintah daerah menyambut dengan baik," kata Bupati saat meletakkan batu pertama pembangunan gedung tersebut, Senin.

Peletakan batu pertama itu juga turut dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ishak Ntoma dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bone Bolango Abdul Rasyid.

Ia berharap dengan jumlah potensi pengurus IPHI di Kabupaten Bone Bolango saat ini, pembangunan sekretariat IPHI tersebut dapat segera selesai.

Menurutnya, tidak selalu harus pemerintah yang membangun, tapi peran serta dari seluruh elemen yang ada, khususnya pengurus IPHI itu sendiri akan sangat baik dan diharapkan dalam penyelesaian pembangunan sekretariat IPHI tersebut.

Pemkab Bone Bolango akan membantu anggaran pembangunan Sekretariat IPHI pada alokasi hibah tahun anggaran 2015 sekitar Rp50 juta yang akan dilakukan pergeseran pada APBD tahun 2015.

Bupati berharap dalam beberapa bulan ke depan, pembangunan Sekretariat IPHI bisa selesai, sehingga kegiatan rutinitas yang menyangkut dengan haji sudah dapat dilaksanakan dengan baik di gedung Sekretariat ini.

Ia juga berharap keberadaan Sekretariat IPHI ini tidak hanya menjadi gedung milik Kabupaten Bone Bolango, tapi juga bisa dipinjam atau digunakan oleh IPHI kabupaten/kota lainnya di Provinsi Gorontalo.

Ketua IPHI Bone Bolango Husin Mahmud yang juga anggota DPRD Bone Bolango menjelaskan, pembangunan gedung Sekretariat IPHI yang digagas jajaran pengurus IPHI setempat, dibangun di tanah hibah Pemkab Bone Bolango seluas 900 meter persegi.

"Luas bangunan 24x15 meter itu diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp340 juta," jelasnya. 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015