Milan (ANTARA News) - Duvan Zapata mencetak satu gol untuk membantu Napoli menang 2-0 atas Sassuolo, yang membawa mereka selangkah lebih dekat dengan tim peringkat kedua AS Roma di Liga Italia pada Senin (Selasa WIB).

Mauro Icardi mencetak gol ke-14nya di liga musim ini untuk membawa Inter Milan menang 2-1 di markas Cagliari pada pertandingan lain yang dimainkan pada Senin, sekaligus mendorong pasukan Gianfranco Zola semakin dekat dengan Serie B.

Napoli telah menghabiskan lebih dari satu jam untuk menekan pertahanan Sassuolo, ketika Zapata mendapat operan dari Marek Hamsik dan berlari menembus pertahanan lawan.

Penyerang Kolombia bertubuh kekar ini terjatuh ketika tembakannya dapat diblok, namun meski dikelilingi empat pemain bertahan, ia masih mampu menjadi pemain pertama yang menjangkau bola dan kemudian memasukkannya ke gawang, sehingga membuat kecewa tiga pemain bertahan yang berupaya mengawalnya.

Zapata, yang bermain sejak menit awal karena Gonzalo Higuain terkena skors, kemudian memberi umpan kepada Hamsik untuk dikonversi menjadi gol kedua melalui tembakan melengkung.

"Tidak mudah untuk membangku cadangkan Zapata namun saya mendapatkan Higuain di depan dia," kata pelatih Rafael Benitez kepada para pewarta. "Ia hanya perlu terus bekerja keras seperti yang telah dilakukannya dalam beberapa hari terakhir."

Napoli mampu mengamankan kemenangan meski pemain pengganti Dries Mertens diusir keluar lapangan saat baru tampil selama enam menit. Gelandang Belgia itu lamngsung diberikan kartu merah karena melakukan pelanggaran dari belakang, meski kelihatannya itu merupakan hukuman yang terlalu keras.

Tim peringkat ketiga Napoli, yang tertinggal sembilan angka dari Roma sebelum libur Natal, memangkas seisih menjadi hanya tiga angka saat mereka mendulang 45 angka dari 24 pertandingan.

Pasukan Benitez memenangi enam dari delapan pertandingan liga sejak awal Januari.

Mateo Kovacic memberi sentuhan akhir pada pergeakan mulus untuk membawa Inter memimpin ketika babak kedua baru berlangsung dua menit, dan Icardi memperbesar keunggulan mereka melalui upaya solonya, membuat ia kini memuncaki daftar pencetak gol liga bersama pemain Argentina lainnya, Carlos Tevez dari Juventus.

Cagliari menyia-nyiakan sejumlah peluang dan akhirnya mampu mencetak satu gol ketika Samuel Longo memenangi perebutan bola dengan Juan Jesus, melepaskan sepakan voli yang mengenai tiang gawang dan bola memantul menuju gawang tanpa dapat dihalau kiper Inter Juan Pablo Carrizo.

Tim Sardinia itu, yang telah melakukan upaya maksimal untuk mendapatkan satu angka, terpuruk di posisi ke-18 dari klasemen berisi 20 tim, tertinggal tiga angka dari Atalanta dan zona aman. Inter naik ke peringkat kedelapan dengan 35 angka.
(RF/A020)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015