Nusa Dua (ANTARA News) - Suasana arena kongres PAN IV di Hotel Westin, Nusa Dua Bali pasca pemilihan ketua Umum PAN terlihat sepi. Pendukung Hatta Rajasa tidak terlihat di arena kongres. Padahal, masih ada agenda kongres seperti pembahasan tata tertib, rapat komisi-komisi untuk menentukan program PAN lima tahun kedepan.

Wasekjen domisioner PAN, Yandri Susanto, mengatakan kubu Zulkifli Hasan tidak menghalangi pendukung Hatta untuk memasuki arena kongres.

"Jadi semua gak ada istilah dihalangi atau diundang. Semua telah diagendakan dalam agenda kongres sampai hari ini kongres tetap berlangsung. Persoalan mereka datang atau tidak itu diluar dari kewenangan kita," kata Yandri di Nusa Dua Bali, Senin.

Dirinya juga tak mengetahui adanya rencana boikot yang dilakukan oleh kubu Hatta.

"Saya gak tau, gak dapat informasi. Tapi mungkin karena mereka lagi ada sesuatu jadi ya kalau mereka ga hadir ya kami maklum lah. Mereka masih saudara kita, keluarga besar PAN, teman-teman kita. Dan agenda kongres ini tidak akan terhalang dengan ketidakhadiran mereka. Akan jalan terus," kata anggota Komisi II DPR RI itu.

Ia membantah adanya informasi bahwa kubu Zulkifli menghalang-halangi kubu Hatta memasuki arena kongres.

"Tidak ada sedikit pun dari panitia atau ketum yang baru dan timnya menghalangi. Justru kami menunggu dan ini adalah keluarga besar," kata

Ia menyebutkan, apapun keputusan komisi-komisi tetap sah meskipun tidak dihadiri oleh kubu Hatta.

"Kalau tidak kuorum dengan jumlah tertentu, kan kita skors 10 menit, dan lanjut lagi. Di tatib kan begitu. Jadi sekarang sedang sidang komisi, maka nanti akan kita tetapkan ketua MPP, formatur, nanti akan ada pidato ketum terpilih dan penutupan," kata dia.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015