Jakarta (ANTARA News) - Presiden Direktur McKinsey and Company Indonesia Phillia Wibowo mengatakan penguatan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) berpotensi tingkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

"Pengembangan TIK akan sangat membantu kerja sama antardepartemen di pusat maupun daerah yang kemudian meningkatkan kualitas pelayanan publik Indonesia," ujar Phillia Wibowo di Jakarta, Senin.

Menurut ia, melalui tata kelola TIK yang baik, pemerintah dapat mempermudah proses birokrasi melalui sistem "online" terpadu yang menghubungkan kementerian maupun badan pelayanan di Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu mengantre dan mengambil formulir untuk setiap pendaftaran layanan publik.

"Mereka cukup mengajukan satu laporan, lalu sistem secara otomatis akan memberitahu semua badan pemerintah, institusi, dan perusahaan yang dibutuhkan," kata Phillia.

Koordinasi informasi antarlembaga yang lebih mudah, selanjutnya juga mempercepat pemenuhan kebutuhan administrasi masyarakat di sejumlah daerah, sehingga pelayanan publik berjalan dengan efisien.

Lebih lanjut Phillia mengatakan, sistem daring terpadu yang telah terstandardisasi, juga berpotensi memunculkan keterbukaan informasi, dimana masyarakat dapat mengakses data-data tersebut, dan dapat mengontrol kegiatan birokrasi.

"Ini sejalan dengan tujuan presiden untuk membuat pemerintah dan layanan masyarakat menjadi bersih, efektif, dapat diandalkan, dan demokratis," tambahnya.

Selama ini, menurut ia, Pemerintah Indonesia telah menetapkan target-target yang ambisius, namun di sisi lain pemerintah daerah masih menghadapi keterbatasan sumber daya manusia dan infrastruktur.

"Oleh karena itu, peningkatan kualitas birokrasi ini tentu saja harus sejalan dengan penguatan SDM dan infrastruktur, sehingga diharapkan membantu mengurangi kesenjangan daerah-daerah yang ada di Indonesia," tuturnya.

McKinsey and Company merupakan perusahaan konsultan manajemen yang bertujuan untuk membantu berbagai organisasi terkemuka dunia dalam menghadapi tantangan strategis mereka.

Dengan lebih dari 100 kantor di lebih dari 50 negara, McKinsey melakukan konsultasi tentang isu-isu strategis, operasional, organisasi, dan teknologi.

Selama lebih dari delapan dekade, McKinsey konsisten dengan tujuan utama perusahaan, yaitu melayani serta berperan sebagai penasehat eksternal paling terpercaya atas berbagai isu penting organisasi yang dihadapi oleh manajeman senior.



Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015