Kain tenun lokal Bombana ini sangat indah dan menarik, sehingga perlu terus dikembankan agat sesuai dengan keinginan pasar tanpa meninggalkan nilai atau motif dasar kain Bombana,"
Kendari (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Tina Nur Alam berjanji membantu pengembangan kain tenun Moronene Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Kain tenun lokal Bombana ini sangat indah dan menarik, sehingga perlu terus dikembankan agat sesuai dengan keinginan pasar tanpa meninggalkan nilai atau motif dasar kain Bombana," kata Tina Nur Alam usai mengunjungi galeri tenun Bombana di Rumbia, Rabu.

Keberadaan Tina Nur Alam di Bombana dalam rangka kunjungan kerja atau reses di daerah itu untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait bidangnya di komisi VI DPR RI.

Menurut dia, tenun Bombana saat ini merupakan salah satu tenun asal Sultra yang sudah pasar nasional.

"Tetapi perlu pengembangan motif atau corak agar bisa bersaing dalam pasar bebas," kata Tina yamg juga ketua Dekranasda Sultra ini.

Yang perlu dibantu saat ini, kata dia, adalah mesin atau alat penenun serta peningkatan kualitas para penenun atau pengrajin.

"Selaku ketua Dekranasda Sultra, saya sangat mensuport pengembangan tenun Bombana atau tenun Moronene yang terdiri dari motif Burisininta, motif Bosubosu dan motif Sosoronga," kata legislator PAN dapil Sultra ini.

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015