Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mendukung peran perguruan tinggi untuk turut mengembangkan Industri Kecil Menengah (IKM), yakni Universitas Prof Dr Hamka berencana membangun kerjasama memajukan industri dengan Kemenperin.

Hal tersebut disampaikan Menperin saat menerima Rektor UHAMKA Suyatno dan Pembantu Rektor Bidang Akademik Gunawan Suryoputero, yang juga pimpinan Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah seluruh Indonesia dengan jumlah 172 buah.



"Saya yakin banyak riset dan teknologi terapan yang bermanfaat untuk industri kecil menengah," kata Menteri melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.



Menperin menilai inisiatif Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) tersebut tak lepas dari keberadaan lembaga pendidikan ini yang memang berakar dari masyarakat Indonesia.



Menurut Menperin, selama ini, perguruan tinggi berperan penting dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam memajukan wirausaha.



"Pengajar hingga mahasiswa tumbuh dalam lingkungan inovatif. Saya yakin banyak karya yang bisa diterapkan dalam memajukan IKM," ujar Menperin.



Untuk itu, lanjutnya, Menperin meminta Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah Kemenperin untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut.



"Ada beberapa program  yang dapat dilakukan dengan kerja sama. Misalnya dalam peningkatan kompetensi SDM, pemutakhiran teknologi, standardisasi, HAKI, dan promosi," ujar Dirjen IKM, Euis Saedah.



Ke depan, wacana kerja sama PTM dengan Kemenperin akan ditindaklanjuti dengan diskusi-diskusi yang lebih mendalam, yang rencananya dihadiri Menperin dan Dirjen IKM dalam Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia pada 17-18 April 2015 di Mataram, NTB.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015