Telur dan sayuran mentah bantu tambah nutrisi

Telur dan sayuran mentah bantu tambah nutrisi

Salad. (Istimewa/Takumi Robata Restaurant-hand out)

Lain kali, bila makan salad, tambahkan telur matang ke sayuran mentah"
Los Angeles (ANTARA News) - Mengonsumsi telur bersamaan dengan sayuran mentah menambah penyerapan karotenoid.

"Warga Amerika kurang mengonsumsi sayuran. Dengan ini, kami berupaya meningkatkan nilai nutrisi sayuran sekaligus mengambil keuntungan dari kuning telur," kata ahli ilmu gizi dari Purdue University Wayne Campbell, dikutip dari laman sciencedaily.com

Campbell dan rekannya mengadakan studi untuk melihat efek konsumsi telur terhadap penyerapan karotenoid dari salad sayuran mentah.

Dalam studi itu 16 pemuda yang sehat diminta memakan tiga versi salad: tanpa telur, dengan setengah telur orak-arik dan tiga telur orak-arik.

Mereka yang makan jumlah telur terbanyak dengan salad berisi tomat, wortel parut, bayam, selada, dan goji berry menyerap karotenoid lebih banyak 3-9 kali.

Karotenoid yang terkandung di salad itu antara laim beta-karoten, alpha-karoten, likopen, lutein dan zeaxanthin, dua terakhir juga ditemukan di kuning telur.

"Lain kali, bila makan salad, tambahkan telur matang ke sayuran mentah," kata Campbell.

"Tidak hanya lutein dan zeaxanthin yang ada di telur, tapi nilai sayuran juga bertambah," tambah dia.

Penelitian ini bermula dari studi mereka sebelumnya yang menunjukkan bahwa menambah minyak tertentu ke salad sayuran mentah akan menambah penyerapan karotenoid.

Menurut Campbell, manfaat ini dapat dirasakan oleh semua orang dari segala usia.

Ia dan timnya berencana mengembangkan penelitian untuk melihat efeknya terhadap nutrisi yang larut lemak termasuk vitamin D dan E.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar