Bengkulu (ANTARA News) - Umat Kristiani diimbau menjadi teladan kerendahan hati dan berperan menjadi pelopor perubahan positif, kata Pendeta Yansen Hasibuan dari Gereja Huria Kristen Indonesia.

"Pelaku iman kristen salah satunya terukur dari keteladanan sebagai orang-orang yang rendah hati," kata dia saat menyampaikan khotbah di Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Bengkulu di Bengkulu, Jumat.

Umat kristiani kata dia harus menjadi teladan pengampunan seperti yang ditunjukkan Yesus Kristus dalam karya penyelamatan terhadap umat manusia.

Tema ibadah perayaan Jumat Agung dikutip dari Injil Perjanjian Lama yakni Kitab Ulangan 30 ayat 19 tentang penggenapan penyelamatan umat manusia.

Ibadah perayaaan Jumat Agung merupakan rangkaian tiga Hari Suci umat Kristen sebelum Paskah pada Minggu (5/3).

Sebelum Jumat Agung atau peringatan wafat Isa Almasih di kayu salib di atas Bukit Golgota, umat kristiani sudah terlebih dahulu merayakan Kamis Putih pada Kamis (2/4).

Seluruh gereja di Bengkulu menggelar perayaan Jumat Agung dengan khidmat dan lancar.

Sebagian gereja menggelar ibadah pada pagi hari dan sebagian lainnya memulia ibadah pada siang hari, salah satunya di Gereja Katolik St Yohanes Penginjil Bengkulu.

Ibadah di gereja tersebut diawali dengan jalan salib dan dilanjutkan dengan ibadah mengenang sengsara dan wafat Yesus Kristus.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015