Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola wanita Indonesia berlatih di kamp pelatihan National Youth Training Centre di Sawangan, Depok, Jawa Barat, dalam persiapan menghadapi kejuaraan sepak bola wanita AFF Womens Championship.

"Training Camp akan dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 28 April 2015 di National Youth Training Centre, Sawangan Depok," kata Pelatih Timnas wanita Ruly Nere seperti dikutip laman PSSI di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan timnas wanita akan berangkat ke Ho Chi Minh City, Vietnam pada 29 April 2015 untuk persiapan kejuaraan yang akan dimulai pada 1 Mei hingga 10 Mei 2015.

Ruly mengatakan pelatihan timnas wanita baru dimulai 4 April dikarenakan ia baru mendapatkan susunan pemain satu bulan sebelumnya dengan metode mencari pemain berbakat ke seluruh Indonesia.

Pada tahap pertama Ruly bersama asisten pelatih Yopi Riwoe mencari bakat-bakat pemain sepak bola wanita ke daerah timur Indonesia di Pulau Papua.

"Saya bersama dengan coach Yopi pada fase pertama telah menemukan 10 orang pemain wanita di Papua untuk melengkapi pencarian awal kami," kata Ruly.

Pesepak bola wanita dari tanah Papua tersebut antara lain Agustina Kwano, Raimona Kabak, Cicilia Anggaria Pratita, Ruth Wamblolo, Christina Kaisiri, Emmy Clarce Valentina Awes, Marlisye Mandosir, Henny Jigibalom, Serly Wanimbo, dan Rulis Aspalek.

Sedangkan pencarian bakat pesepak bola wanita tahap kedua dilakukan oleh asisten pelatih Papat Yunisal dengan mengunjungi daerah di Yogyakarta, Bangka Belitung, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

"Berikutnya, giliran coach Papat yang menemukan 15 wanita lainnya di daerah Jakarta, Jawa Timur, Yogyakarta, Bandung, dan Bangka Belitung," jelas Rully.

Sejumlah pemain tersebut antara lain Riska Juliani (Bangka Belitung), Ade Mustikiana (Bangka Belitung), Vera Lestari (Yogyakarta), Rifki Agustin (Yogyakarta), Dwi Aprilani (Yogyakarta), Tugiyati (Yogyakarta), Intan Nuranini (Jakarta), Siti Latipah (Jawa Barat), Ellin Clousse Bisay (Jawa Timur), Nur Laili (Jawa Timur), Dewi Maysaroh (Jawa Timur), Erma Novela Sabatin (Jawa Timur), Akudiana Tebai (Jawa Timur), Febriana Kusumaningrum (Jawa Timur), dan Lila Pustpita (Jawa Timur).

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015