Bandung (ANTARA News) - Tim Maung Bandung Persib mengalahkan Pelita Bandung Raya (PBR) 3-0 (0-0) pada laga "Derby Jabar" QNB League 2015 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Selasa.

Sempat kesulitan membobol gawang PBR pada babak pertama, Persib menggila pada babak kedua. Gol kemenangan Persib dicetak oleh kapten tim Atep menit ke-49, Makan Konate menit ke 72 dan disempurnakan gol ketiga pada laga itu melalui pemain pengganti M Taufik menit 83.

Disaksikan sekitar 12 ribu bobotoh, Persib tampil mendominasi khususnya pada babak kedua. Keputusan pelatih Jajang Nurjaman melakukan pergantian pemain dengan memasukan Tantan, Dedi Kusnandar dan M Taufik cukup efektif.

Bahkan M Taufik yang masuk menggantikan Atep pada babak kedua, menggenapkan kemenangan Persib menjadi 3-0 sekaligus. Persib berhasil mengawali laga dengan baik, termasuk mematahkan trauma dari PBR di ajang liga.

Meski Pelita Bandung Raya tidak lagi berhome base di Stadion Si Jalak Harupat melainkan pindah ke Stadion Patriot Bekasi, namun laga itu tetap penuh prestise menjadi "Derby Jabar".

Persib sementara mengumpulkan nilai sempurna enam hasil dua kali laga yang berakhir dengan kemenangan. Persib juga mengubur ambisi PBR yang menargetkan curi angka seperti yang dilakukan saat bertandang ke Sriwijaya FC. PBR untuk sementara tertahan dengan nilai satu hasil sekali seri dan sekali kalah.

Bagi Persib, dua laga awal QNB cukup strategis karena berhasil mengatasi dua tim yang selalu menyulitkan tim Bandung itu yakni Semen Padang dan PBR. Keduanya menjadi sandungan bagi Persib pada kompetisi musim lalu.

Gol pembuka Persib melalui Atep pada menit ke-49 menentukan kemenangan besar tim itu. PBR yang menerapkan pola permainan bertahan, terpaksa bermain menyerang untuk mengejar ketinggalan. Akibatnya ada celah di sektor pertahanan.

Gol kedua dan ketiga Persib tidak lepas dari kelengahan pemain bertahan Persib dalam mengantisipasi umpan, bahkan gol kedua Persib melalui Makan Konate terjadi pada saat pemain PBR mengira bola sudah keluar garis gawang. Para pemain PBR termasuk kiper Denis Romanov melakukan protes, namun wasit tetap pada keputusanya.

Hal sama gol ketiga, akibat kesalahan antisipasi bek PBR, M Taufik yang baru masuk sebagai pemain pengganti langsung mengkonversi melalui tembakan dari sudut sempit. Tembakan Taufik sempat tertangkap kiper Denis Romanov, namun bola mentah dan masuk ke gawang PBR dan kedudukan menjadi 3-0.

Pada injury time, Persib Bandung harus kehilangan kiper I Made Wiryawan yang harus ditandu ke luar lapangan setelah bertabrakan dengan bek PBR Nova Aryanto. Made harus ditandu ke luar lapangan.

Bek Persib Vladimir Vujovic harus menjadi kiper menggantikan Made karena Persib telah melakukan tiga kali pergantian pemain. Namun hingga pluit panjang dibunyikan kedudukan tetap 0-3 untuk kemenangan Maung Bandung.

Susunan Pemain:
Persib, I Made Wirawan (kiper), Ahmad Juprianto, Atep/ M Taufik, Haryono, Firman/Dedi Kusnandar, M Ridwan/Tantan, Dias Angga, Tony Sucipto, Makan Konate, Spasocevic.

Pelita Bandung Raya: Denis Romanov (kiper), Kim Kurniawan, Nicolic Boban, David Laly, Rachmat Hidayat, Youngki Ariwibowo, Hermawan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015