Bandung (ANTARA News) - Observatorium Bosscha Lembang, Kabupaten Bandung Barat, menggelar "open house" untuk masyarakat demi memperkenalan astronomi kepada para peminatnya.

 "Kegiatan open house rutin ini akan dilakukan empat hari dalam bulan April 2015, dan juga pada  bulan-bulan berikutnya,"  kata peneliti Observatorium Bosscha, Evan Irawan (30), di Bandung, Minggu.

Ia menyebutkan, kunjungan selama April digelar pada 9-10 April, kemudian 23-24 April 2015 untuk umum.

Pada hari pertama kunjungan Kamis lalu, masyarakat sangat antusiastis memanfaatkannya, terutama pelajar.  Evan mengatakan 240 orang dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi menghadiri acara ini.

Dalam acara ini, pengunjung bebas berkeliling di beberapa lokasi yang telah disiapkan Bosscha, salah satunya teropong Cassegrain Goto yang menjadi ikon Observatorium Bosscha.

"Selain itu pengunjung bisa berkeliling di ruang multimedia dan melihat langsung di teropong Bamberg dan dua teropong portabel," kata dia.

Evan mengatakan, kunjungan kali ini memberi kesan baik karena langit Lembang sangat cerah sehingga terlihat beberapa objek astronomi seperti  bintang, Planet Venus, Planet Jupiter dan Nebula Orion.

Semua pengunjung boleh mengamati objek astronomi secara langsung lewat teropong Bamberg.

Observatorium Bosscha sengaja memilih musim kemarau di bulan April-Oktober agar para pengunjung dapat mengamati langsung lewat teropong. Jika hujan atau mendung, pengunjung tidak dapat meneropong objek astronomi apa pun.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015