Jakarta (ANTARA News) - Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) diharapkan dapat digunakan oleh pengguna jalan seluruhnya pada saat masa lebaran guna memperlancar arus mudik tahun 2015.

"Diharapkan Tol Cikapali dapat difungsikan pada Lebaran tahun (2015) ini sehingga dapat mengurai kemacetan yang terjadi di Jalur Pantura," kata Plt Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hediyanto W Husaini dalam rilis Kemenpupera yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa tingkat kemajuan konstruksi Pembangunan jalan tol Cikapali per 9 April 2015 telah mencapai 93.98 persen.

Dengan waktu tersisa sekitar dua bulan jelang Lebaran, lanjut Hediyanto, perlu dilakukan monitoring progres pekerjaan secara mingguan. "Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut dapat diselesaikan tepat waktu," ucapnya.

Tol Cikapali memiliki masa konsesi selama 35 tahun dan akan berakhir pada tahun 2041.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono pada awal April mengatakan pembangunan jalan tol Cikapali sudah 93 persen atau sudah masuk dalam penyelesaian pembangunan. Tol dengan panjang 116,5 kilometer tersebut diharapkan sebelum lebaran 2015 sudah dapat beroperasi.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015