Jakarta (ANTARA News) - Packleader dari Animal Defender Doni Herdaru Tona mengungkap tiga hal dasar dalam memelihara Anjing, yaitu excercise, rules dan affection.

"Pertama excercise, kemudian rules, dan affection. Jadi, Anjing butuh waktu untuk bermain, butuh aturan dari pemilik, dan tentunya kasih sayang dari pemiliknya," kata dia ditemui ANTARA News disela acara Dog Does Disco Sakura di Jakarta, Minggu.

Anjing nakal, menurut Doni, merupakan persepsi yang salah. Anjing yang sering menggongong mungkin saja karena tidak memiliki waktu main yang cukup dengan pemiliknya.

"Mungkin karena ditinggal kerja seharian, tapi pemiliknya tidak bisa menerjemahkan, jadi Anjing menggongong minta diajak bermain, yang sebenarnya itu memang haknya," ujar dia.

Begitu juga dengan Anjing yang lari ke sana ke mari, Doni berpendapat mungkin karena Anjing tidak diberi peraturan oleh pemiliknya, sehingga Anjing tidak tau harus berbuat apa.

"Kita bangun respect dia ke kita, kita respect ke dia, dia respect ke kita, melalui respect itu akan terbangun rules," kata Doni.

"Pemilik yang baik adalah pemilik yang bisa jadi pemimpin buat anjing-anjingnya, packleader, bukan sekedar punya," sambung dia.

Selain itu, usia anjing yang tidak panjang, berkisar 15 tahun, juga menuntut si pemilik Anjing untuk tidak hanya sekedar punya, namun berkomitmen untuk merawat dan menyayangi Anjingnya.

"Memelihara Anjing itu butuh komitmen, bukan cuma karena kesepian, lalu pelihara Anjing, umurnya panjangan kita dari pada dia, pasti dia yang mati dulu, dan kita butuh komitmen untuk itu," ujar Doni.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015