Saat ini kita memasuki pancaroba, dan pada 10 hari minggu kedua Juni 2015, kita memasuki musim kemarau,"
Jambi (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim kemarau melanda Provinsi Jambi pada pertengahan Juni 2015.

"Saat ini kita memasuki pancaroba, dan pada 10 hari minggu kedua Juni 2015, kita memasuki musim kemarau," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi Dwi Atmoko di Jambi, Jumat.

Khusus untuk Kota Jambi, dua sampai tiga hari mendatang diperkirakan masih hujan dengan intensitas ringan, termasuk dibeberapa kabupaten/kota di provinsi ini.

"Masih hujan, dan rata-rata hujan ringan dan sedang namun tidak merata. Cuaca seperti itu dikarenakan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia atau barat daya Sumatera yang mulai melemah," kata dia.

Dijelaskan, meski saat ini Jambi musim pancaroba namun hujan masih berpeluang terjadi, bisa saja hujan ringan bahkan lebat seperti pada 9 Mei 2015.

"Pada musim pancaroba ini masih terjadi hujan ringan, bahkan lebat yang disertai angin kencang dan petir terjadi di wilayah Jambi, seperti pekan lalu," kata dia menjelaskan.

Meski demikian, Dwi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada musim pancaroba yang terkadang bisa hujan lebat itu. Bersihkan saluran air dan jangan sampai tersumbat sehingga air mudah mengalir.

Pewarta: Azhari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015