Purwokerto, Jawa Tengah (ANTARA News) - Tiket kereta api lintas selatan untuk arus balik tujuan Jakarta keberangkatan tanggal 19-26 Juli 2015 masih tersisa sekitar 2.600 lembar, kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono.

"Penjualan tiket KA tambahan lebaran lintas selatan untuk keberangkatan pascalebaran atau arus balik ke Jakarta telah mencapai 80 persen," kata Surono, di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, penjualan tiket KA tambahan lebaran tahap kedua yang mulai dibuka pada hari Senin (18/5), pukul 00.01 WIB, telah mencapai kisaran 21.400 tiket dari 24.000 tiket tujuan Jakarta yang disediakan.

"Jumlah penjualan tiket tersebut berdasarkan pantauan pada Rail Ticket System (RTS), pukul 13.00 WIB. Dengan demikian, tiket arus balik Lebaran tujuan Jakarta untuk keberangkatan 19-26 Juli 2015 masih tersedia sekitar 2.600 lembar," jelasnya.

Akan tetapi, kata dia, tiket arus balik tujuan Jakarta untuk keberangkatan tanggal 21 Juli 2015 telah habis terjual.

Sementara tiket arus balik ke tujuan Bandung, lanjut dia, telah terjual sebanyak 8.200 lembar dari 17.300 lembar yang disediakan untuk keberangkatan H+1 Lebaransampai dengan H+8 Lebaran.

Dengan penambahan penjualan KA tambahan lebaran tahap II, lanjut dia, ketersediaan tiket untuk arus balik lebaran yang semula sudah habis kembali tersedia.

Ia mengatakan bahwa tiket KA tambahan lebaran tujuan Jakarta lintas selatan untuk arus balik H+1 Lebaran hingga H+8 Lebaran tersedia sebanyak 24.000 lembar, sedangkan untuk tujuan Bandung disediakan 13.300 lembar.

"Sebelumnya tiket arus balik KA reguler tujuan Jakarta telah habis terjual untuk keberangkatan tanggal 20-27 Juli," katanya.

Surono mengatakan bahwa semua tiket arus balik tujuan Jakarta dan mudik dari Jakarta yang masih tersedia hanya untuk kereta api komersial, baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi komersial.

Menurut dia, tiket mudik KA ekonomi bersubsidi untuk mudik dari Jakarta sudah habis terjual, sedangkan tiket KA ekonomi bersubsidi untuk arus balik tujuan Jakarta yang masih tersedia hanya keberangkatan tanggal 29 Juli 2015.

"Tiket mudik lebaran keberangkatan dari Jakarta ke Purwokerto, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya yang telah habis terjual adalah tiket untuk keberangkatan tanggal 13-16 Juli atau H-4 Lebaran hingga H-1 lebaran," katanya. 

"Sementara tiket mudik dari arah Bandung ke timur yang telah terjual habis adalah untuk keberangkatan tanggal 14-16 Juli atau H-3 Lebaran hingga H- 1 Lebaran sedangkan untuk keberangkatan tanggal yang lain masih tersedia," kata dia. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015