Ternate (ANTARA News) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan mengakomodasi dan menanggung seluruh biaya embarkasi bagi calon jemaah haji yang akan pergi ke Tanah Suci musim ini.

"Pemkot telah menyiapkan sedikitnya Rp1,5 miliar untuk biaya embarkasi calon haji Ternate yang diploting melalui dana APBD tahun 2015, dengan rincian Rp3,5 juta per orang," kata Kabag Kesra Pemkot Ternate, Mujais Walanda di Ternate, Minggu.

Menurut dia, biaya untuk embarkasi ini juga akan disesuaikan dengan perkembangan nilai tukar rupiah, kalau memang nilai dolar naik, maka pemkot juga akan melakukan penyesuaian untuk biaya embarkasi.

Ia juga merinci, dukungan Pemkot untuk calon haji Ternate ini meliputi biaya makan minum selama jemaah berada di Ternate, penginapan selama berada di Kota Makassar, biaya buruh dan transportasi dari bandara ke asrama Sudiang PP.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Ternate Ibrahim Muhammad ketika dihubungi secara terpisah, menyatakan apresiasinya bagi Pemkot Ternate, terutama dalam membiayai embarkasi para calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2015.

Selain itu, terkait dengan perubahan kuota, ia masih harus menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi, karena prinsipnya, daerah hanya mengikuti arahan dari Pemerintah Pusat.

"Satu hal yang pasti, katanya para jemaah calon haji idealnya menyiapkan diri, baik secara fisik maupun rohaniah, karena ketika kita beribadah di Tanah Suci, kita tentu memerlukan tenaga yang fit, tidak mudah sakit. Pada dasarnya, kami mengimbau kepada para jemaah agar dapat menyiapkan fisik dan mental, untuk menghadap sang pencipta," katanya.

Kendati demikian paspor untuk sedikitnya 211 jemaah sesuai kuota tahun ini sudah dibuat dan melakukan manasik.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015