Brussels, Belgia (ANTARA News) - Pejabat senior Uni Eropa mengatakan pengunduran diri Sepp Blatter dari jabatan Presiden FIFA hanyalah langkah kecil dalam rangkaian proses panjang untuk mengembalikan kepercayaan dunia atas FIFA.

"Satu langkah dalam proses panjang yang harus dijalani guna mengembalikan kepercayaan dan membangun sistem yang solid atas pemerintahan yang baik di FIFA," kata Tibor Navracsics, Komisaris Eropa untuk Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga dilansir dari Xinhua, Rabu.  

Tibor Navracsics mengatakan bahwa hak federasi olahraga dihormati untuk menjalankan agendanya sendiri namun kepercayaan itu sirna setelah munculnya skandal korupsi.

"Begitu banyak kesempatan yang hilang dan kian lengkap dengan hilangnya kepercayaan atas FIFA, saya percaya kita harus mendukung perubahan mendasar dan memastikan bahwa solusi yang solid bisa diletakkan," imbuh Tibor Navracsics.

Dia menyatakan Uni Eropa siap membantu mengembangkan kerjasama dengan berbagai organisasi olahraga bersama negara-negara anggota untuk memperkuat kepercayaan masyarakat di dunia olahraga.

"Kami membangun dan menciptakan sejumlah perangkat yang bisa digunakan untuk mendukung mereka yang mau akan perubahan," kata komisaris itu.

Sebelumnya, Blatter yang terpilih kembali menjadi Presiden FIFA pada pekan lalu mengumumkan pengunduran diri pada Selasa (2/6) melalui konferensi pers dadakan di Zurich.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015