Saya percaya banyak patriot-patriot bangsa yang akan maju untuk memimpin KPK
Lampung (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meyakini peminat calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang pendaftarannya resmi dibuka sejak Jumat 5 Juni hingga 24 Juni 2015 ini banyak.

"Saya percaya banyak patriot-patriot bangsa yang akan maju untuk memimpin KPK," kata Zulkifli kepada wartawan dari Lampung, Jumat.

Zulkifli tidak sepakat dengan kekhawatiran segelintir pihak atas minimnya peminat calon pimpinan KPK karean kasus dugaan "kriminalisasi" yang didera pimpinan KPK sebelumnya.

Juru Bicara Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Betti Alisjahbana menyatakan ada dua orang yang mengajukan diri pada hari pertama masa pendaftaran.

"Pendaftar pertama sudah masuk, satu (mendaftar) lewat e-mail, satu lagi sudah di sekretariat. Biasanya ke belakang akan banyak, orang kan harus membuat makalah dulu," kata Betti di Jakarta, Jumat.

Pendaftaran calon pimpinan KPK mulai dibuka pada 5 Juni hingga 24 Juni 2015.

Menurut Betti, pansel mencari pimpinan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan undang-undang.

"Yang penting kami mengikuti undang-undang, persyaratan sudah didefinisikan, selain itu kami lihat bahwa integritas harus tinggi, punya kemampuan kepemimpinan dan manajemen, harus independen dan punya kompetensi," ungkap Betti.




Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015