....Dengan penerapan sistem CAT, mudah-mudahan proses seleksi ini dapat dilakukan secara bersih sesuai dengan visi misi Polri.
Bandarlampung (ANTARA News) - Kepolisisan Daerah Lampung menjalin kerja sama dengan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya dalam pelaksanaan seleksi penerimaan calon anggota Polri dengan sistem Computer Assisted Test.

Kasubbagsisinfolap Bagrbprorena Polda Lampung Kompol Sahrul Rambe dari Polda Lampung, di Bandarlampung, Minggu, mengatakan pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) oleh IBI Darmajaya telah berjalan lancar.

Sistem CAT digunakan dengan tujuan menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam penerimaan calon anggota Polri, menurutnya, hal ini merupakan salah satu inovasi Polda Lampung dalam menjaring SDM berkualitas di jajaran kepolisian.

"Untuk mendorong institusi yang bersih, salah satu kuncinya adalah penerimaan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, proses penerimaan calon anggota kepolisian seperti Tamtama dan Akpol, tahun ini diselenggarakan secara bersamaan, sehingga peserta hanya bisa memilih satu formasi. Dengan penerapan sistem CAT, mudah-mudahan proses seleksi ini dapat dilakukan secara bersih sesuai dengan visi misi Polri," ujarnya lagi.

Dia menegaskan bahwa pelaksanaan CAT, memerlukan dukungan sarana dan prasarana yang menunjang, serta tenaga teknologi informasi (IT) yang mumpuni.

Menurutnya, IBI Darmajaya menjadi perguruan tinggi yang dipercaya untuk melakukan tes tersebut, karena dari sisi fasilitas, kampus berbasis IT ini dinilai sangat memadai untuk pelaksanaan tes.

"Kami sudah melakukan survei dan kajian di beberapa perguruan tinggi di Lampung untuk pelaksanaan tes itu. Pilihan kami jatuh pada IBI Darmajaya karena sarananya memang menunjang dan memiliki tenaga IT yang mumpuni. Darmajaya bahkan mampu membangun software CAT sesuai dengan rancangan yang kami butuhkan," katanya lagi.

Pihaknya menyatakan berterima kasih sekali kepada IBI Darmajaya yang terbuka memfasilitasi dan membantu, sehingga proses seleksi berjalan lancar.

"Mudah-mudahan kerja sama ini tidak hanya berhenti sampai di sini, tetapi juga bisa berkelanjutan tahun-tahun selanjutnya," katanya mengharapkan.

Pelaksanaan CAT ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Polda Lampung dengan IBI Darmajaya, di Mapolda Lampung pada 9 Maret 2015 lalu.

MoU ditandatangani Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Lampung Komisaris Besar Agung Julianto dan Wakil Rektor I IBI Darmajaya Envermy Vem.

Kerja sama menyepakati penyelenggaraan tes akademik seleksi pengembangan dan penerimaan calon anggota Polri tingkat panitia daerah (panda) dilaksanakan di IBI Darmajaya,

Kepala ICT IBI Darmajaya, Sutedi SKom MTI mewakili Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi SE MA, menyatakan pihaknya menyambut baik kerja sama antara IBI Darmajaya dengan Polda Lampung.

Dia menjelaskan, software CAT dikembangkan menggunakan pemrograman berbasis visual yang fleksibel dalam penentuan jumlah soal, sehingga menjamin pelaksanaan tes tanpa terjadi kecurangan.

"Software CAT didesain dengan tampilan sederhana, sehingga mudah dipahami para peserta tes dalam menjawab. Software juga dilengkapi dengan simulasi yang memberikan informasi dan tata cara pelaksanaan tes," kata dia.

Tes CAT berdurasi 75 menit untuk soal Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum, serta 90 menit untuk soal Matematika, dengan jumlah soal 100 untuk masing-masing mata pelajaran.

"Soal diberikan langsung dari Polda, dan Program CAT ini dirancang bersama tim ICT IBI Darmajaya dengan pihak Polda. Alhamdulillah selama tes tidak ada kendala berarti, semua berjalan lancar," ujar Sutedi lagi.

Pihaknya menyatakan dengan sarana dan prasarana yang memadai ini, IBI Darmajaya sering menjadi rujukan untuk pelaksanaan tes menggunakan sistem CAT, baik seleksi calon PNS (CPNSD), kepolisian, dan tes lainnya.

"Program CAT ini tidak hanya memudahkan proses seleksi, tetapi juga mendukung perekrutan tenaga kerja yang transparan, cepat, dan akurat. Kami menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat diperluas lagi, salah satunya dengan pengembangan teknologi informasi di tingkatan polsek-polsek di Lampung,: katanya pula.

Dia berharap, melalui pelaksanaan tes CAT yang transparan akan mampu membantu mewujudkan keinginan kepolisian dan masyarakat untuk pelaksanaan tes yang jujur dan bersih.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015